Gubernur minta pemkot Palembang perhatikan kebersihan

id kebersihan, Alex Noerdin, kebersihan lingkungan, Asian Games, wisatawan mancanegara

Gubernur minta pemkot Palembang perhatikan kebersihan

Kotak Sampah (Foto Antarasumsel.com/Awi)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin minta pemerintah Kota Palembang supaya memperhatikan kebersihan lingkungan, perkantoran dan tempat-tempat umum terutama menghadapi Asian Games 2018.

Kebersihan itu modal utama suatu daerah dan juga menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung, kata gubernur saat melantik Wakil Wali Kota Fitrianti Agustinda di Palembang, Rabu.

Apalagi sebagai tuan rumah pesta olahraga internasional maka tamu negara baik sebagai peserta, peninjau dan turis akan banyak berkunjung ke- Palembang, ujar dia.

Gubernur yakin, para tamu dari 45 negara sebagai peserta Asian Games 2018 berada di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang maka perhatiannya akan tertuju ke ibukota provinsi tersebut.

Oleh karena itu sebagai tuan rumah pesta olahraga internasinal mendatang, maka kota harus dalam kondisi bersih dan itu perlu perhatian utama pemerintah Kota Palembang, ujar dia.

Menurut dia, Kota Palembang di beberapa lokasi saat ini belum begitu bersih sehingga harus menjadi perhatian.

Kebersihan memang sebagai modal utama supaya pengunjung dan wisatawan mancanegara seperti peserta Asian Games nanti benar-benar nyaman selama berada di Kota Palembang, ujar dia.

Memang, lanjut dia, kebersihan sebagai syarat utama untuk menjadi tuan rumah berbagai kegiatan internasional, termasuk ketersediaan fasilitas pendukung harus berstandar internasional.

Sehubungan itu pemerintah Palembang memiliki tugas berat sehingga wakil wali kota baru dilantik harus mendukung, tambah dia.