Kopi Semende raih Sertifikat Indikasi Geografi

id kopi, biji kopi

Kopi Semende raih Sertifikat Indikasi Geografi

Kopi Semendo (Foto Antarasumsel.com/16/Feny Selly/Aw/Parni)

....Untuk menjaga mutu, petani kopi harus menggunakan pola tanam hingga panen kopi yang baik dan benar, karena sertipikat IG atau hak paten bisa dicabut jika mutu kopi tidak terjaga....
Muara Enim (ANTARA Sumsel) - Kopi Robusta Semende Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan mendapat sertifikat Indikasi Geografi (IG) dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Penyerahan Sertifikat  IG dilaksanakan di Istana Wakil Presiden RI yang diterima langsung oleh Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar dari Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly di Jakarta, Minggu  ( 28/8).

Kepala Dinas Perkebunan Muara Enim, Mat Kasrun  mengatakan dengan diraihnya sertifikat IG, kopi Semende kualitasnya bisa disejajarkan dengan kopi Mandailing atau kopi Toraja yang sudah bersertifikasi.

Sementara, dalam meraih sertifikat IG, banyak penilaian dan unsur yang harus dipenuhi. Bukan hanya cita rasa, tetapi dari penanaman, cara pengolahan hingga panen kopi Semende harus diikuti guna menghasilkan produk yang bermutu tinggi, katanya.

"Cita rasa kopi Semende  tergolong tinggi, karena  hasil pengujian menunjukkan kopi itu bernilai 8+ untuk kategori cita rasa, karena salah satunya ditanam dan hidup di dataran tinggi. Tak hanya itu kopi Semende mendapat predikat special tea," ujar Mat Kasrun.

Sementara, untuk menjaga mutu, petani kopi  harus menggunakan pola tanam hingga panen kopi yang baik dan benar, karena sertipikat IG atau hak paten bisa dicabut jika mutu kopi tidak terjaga.

Ia mengingatkan, petani harus menjaga cita rasa kopi Semende, dan jangan lupa untuk mengikuti prosedur  pemetikan/panen, penjemuran hingga menghasilkan biji kopi yang berkualitas.