Pertamina berhasil tanggulangi letupan Tongkang Easter 333

id Tim penanggulangan keadaan darurat Pertamina, TPKD, Refinery Unit III, Yohana Margaretha Hetharia, tongkang easter 333, dermaga 6, sungai gerong,kamar

Pertamina berhasil tanggulangi letupan Tongkang Easter 333

Kapal Pengangkut Minyak Meledak Petugas gabungan dari Tim penanggulangan keadaan darurat (TPKD) Pertamina RU III, Basarnas, Polair Polda Sumsel dan TNI AL mengevakuasi korban ledakan kapal tongkang Easter 333 yang merupakan kapal charter PT Pertamina

Palembang (ANTARA Sumsel) - Tim penanggulangan keadaan darurat Pertamina Refinery Unit III berhasil membantu menanggulangi letupan di kamar mesin tongkang Easter 333 yang terjadi pada Selasa siang pukul 13.15 WIB di Dermaga 6 Sungai Gerong, Palembang.

Head of Communication and Relations Pertamina RU III, Yohana Margaretha Hetharia menyampaikan hal itu di Palembang, Selasa.

Menurut dia, setelah letupan terjadi, tim penanggulangan keadaan darurat (TPKD) langsung menuju lokasi dan dalam kurun waktu yang singkat 10 menit keadaan tongkang telah aman dan terkendali berikut dengan kargo produk premium dan pertamax.

"Letupan hanya terjadi di dalam kamar mesin, sedangkan untuk kargo produk premium 3200 KL dan pertamax 1600 KL kami dalam kondisi aman," katanya.

Ia mengatakan, letupan diketahui usai kegiatan muat (loading) produk premium dan pertamax ke dalam tongkang Easter 333.

Adapun upaya evakuasi para kru kapal dilakukan dengan cepat, ujarnya.

Ia menuturkan, letupan yang terjadi menyebabkan satu korban kru tongkang meninggal dunia, satu korban luka ringan dan empat kru lainnya selamat.

Sementara mengenai penyebab letupan, lanjutnya, masih menunggu hasil investigasi lebih lanjut dari pihak yang berwenang.

Kejadian ini tidak mengganggu kegiatan operasional Pertamina RU III dan distribusi produk bahan bakar minyak di wilayah Sumatera bagian Selatan, katanya.