Sistem baru pelabuhan Palembang berjalan baik

id pelayanan bongkar muat, pelabuhan, boom baru, sistem baru, tos opus, terminal operation sistem, Advisor Humas, Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PT Pe

Sistem baru pelabuhan Palembang berjalan baik

Ilustrasi - Aktivitas bongkar muat di pelabuhan Boom Baru Palembang. (FOTO Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pelayanan bongkar muat di Pelabuhan Boom Baru Palembang yang menerapkan sistem baru "Terminal Operation Sistem/TOS Opus" berjalan dengan baik dan dirasakan pengguna jasa kepelabuhan memudahkan pengiriman dan penerimaan barang.

"Sistem pelayanan baru dengan TOS Opus yang telah berjalan baik sejak diterapkan pada awal Januari 2016 terus dievaluasi sehingga bisa dirasakan pelanggan lebih baik lagi," kata Advisor Humas, Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PT Pelindo II Cabang Palembang Fransiska Riana di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, PT Pelabuhan Indonesia II Cabang Palembang yang mengelola Pelabuhan Boom Baru terus berupaya memperbaiki pelayanan jasa bongkar muat barang dan memaksimalkan pelabuhan sungai itu.

"Pelabuhan di Sungai Musi ini masih cukup tinggi aktivitas bongkar muatnya. Agar tetap berfungsi secara maksimal melakukan pelayanan bongkar muat barang dari dalam maupun luar negeri perlu dilakukan beberapa pembenahan dan perubahan sistem menyesuaikan perkembangan teknologi," katanya.

Aktivitas bongkar muat di pelabuhan ini dalam beberapa tahun terakhir trennya mengalami peningkatan sehingga perlu diimbangi dengan peningkatan kualitas pelayanan agar tidak menghambat arus barang yang masuk dan keluar dari wilayah Provinsi Sumatera Selatan.

Dengan melakukan pembenahan dan perubahan sistem diharapkan pelayanan jasa kepelabuhan di Palembang ini dapat berjalan dengan baik dan efisien, katanya.

Menurut dia, selain memperbaiki sistem pelayanan, untuk meningkatkan pelayanan pihaknya terus berupaya melakukan perluasan dermaga, penataan dan relokasi perkantoran di areal pelabuhan, pembangunan pergudangan baru, dan penggantian peralatan bongkar muat.

Kegiatan perluasan dermaga dan pembangunan pergudangan baru secara bertahap telah berjalan dengan baik karena beberapa perkantoran milik mitra PT Pelindo yang ada di dalam areal pelabuhan telah berhasil direlokasi.

Melalui berbagai upaya peningkatan pelayanan tersebut diharapkan pelabuhan Boom Baru bisa tetap diandalkan masyarakat Sumsel sebagai pintu gerbang keluarnya hasil bumi mereka dan masuknya berbagai barang kebutuhan hidup sehari-hari sambil menunggu terwujudnya pembangunan pelabuhan samudera Tanjung Api-api, ujar Fransiska.