Masih ada warga Palembang belum ambil dana PKH

id pkh, program kelaurga harapan, dana bantua pkh, pembagian dana pkh

Masih ada warga Palembang belum ambil dana PKH

Program Keluarga Harapan (PKH) (Antarasumsel.com/Grafis/Awi)

...Berdasarkan data realisasi penyaluran dana bantuan PKH, sekitar lima persen warga Palembang dan beberapa daerah Sumsel lainnya yang berhak menerima bantuan itu belum mengambilnya...
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Hingga melewati tenggat waktu penyaluran, masih ada warga Palembang, Sumatera Selatan, yang belum mengambil dana Program Keluarga Harapan (PKH).

"Berdasarkan data realisasi penyaluran dana bantuan PKH, sekitar lima persen warga Palembang dan beberapa daerah Sumsel lainnya yang berhak menerima bantuan itu belum mengambilnya," kata Kepala Kantor Pos Besar Palembang Eko Sumaryanto, di Palembang, Senin.

Tenggat penyaluran dana PKH kepada masyarakat miskin di Kota Palembang adalah 13 Agustus 2016 namun masih ada warga kota setempat yang belum mengambil dana bantuan itu.

Total dana PKH tahap II yang penyalurannya menjadi tanggung jawab Kantor Pos Besar Palembang yang wilayah kerjanya meliputi Kota Palembang dan empat kabupaten terdekat lainnya mencapai Rp22,565 miliar.

Dana sebesar itu disalurkan untuk 57.226 rumah tangga sangat miskin (RTSM), namun sekitar lima persen dari total penerima dana bantuan PKH itu hingga kini belum mengambilnya.

Warga yang berhak menerima dana bantuan itu diimbau untuk segera melakukan pengambilan di kantor pos besar di Jalan Merdeka Palembang karena dana PKH tahap ketiga akan segera dicairkan pada September 2016.

Jika warga penerima PKH belum juga sempat melakukan pengambilan hingga kegiatan pencairan tahap ketiga, tidak perlu khawatir dananya hilang, karena dengan sistem tabungan sekarang ini dana bantuan itu akan tetap disimpan dengan aman di Kantor Pos, katanya.

Menurut dia, secara umum pelaksanaan penyaluran dana PKH tahap kedua itu berjalan dengan baik, hal-hal yang tidak diinginkan dalam proses penyaluran dana PKH bisa dicegah, karena masyarakat yang melakukan pengambilan di kantor pos dapat mengikuti petunjuk petugas dan mengikuti antrean dengan tertib.

Setiap RTSM memperoleh bantuan dana melalui program tersebut berkisar Rp2 juta hingga Rp2,8 juta yang dibagikan secara bertahap empat kali dalam setahun.

PKH adalah suatu program memberikan bantuan tunai kepada ibu dan anak dari rumah tangga sangat miskin yang memenuhi persyaratan, terkait dengan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) seperti pendidikan serta kesehatan.

Program tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk melakukan penanggulangan kemiskinan di wilayah kabupaten dan kota.

Tujuan dari PKH itu antara lain dapat mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terutama dari keluarga yang sangat miskin.

Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan kondisi sosial ekonomi RTSM, meningkatkan taraf pendidikan anak-anak, meningkatkan status kesehatan dan gizi ibu hamil, ibu nifas dan anak di bawah usia enam tahun, serta meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, khususnya bagi keluarga dari RTSM.