Tips merawat rambut yang diwarnai

id rambut, bercabang, kusam, pewarnaan rambut, alergi

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Rambut yang diwarnai perlu dijaga agar tidak menimbulkan masalah seperti kering, bercabang dan kusam.

“Pewarnaan rambut itu cara praktis meningkatkan penampilan,” kata dermatologis dr. Gloria Novelita saat di acara peluncuran pewarna rambut Garnier Color Naturals 3 Oils di Jakarta.

Sebelum mewarnai rambut, Gloria menyarankan melakukan tes terutama bila memiliki riwayat alergi logam.

Caranya, oleskan produk di bagian kulit yang tidak terlihat, misalnya di belakang telinga dan tunggu reaksinya hingga 48 jam.

Bila tidak ditemukan gejala alergi seperti kemerahan atau bengkak, lanjutkan pemakaian untuk seluruh rambut.

Bila ingin tampilan alami, pilih warna yang tidak jauh dari warna asli rambut, misalnya rambut hitam diwarnai dengan warna kecokelatan.

Untuk perawatan sehari-hari, gunakan sampo khusus untuk rambut yang diwarnai agar warna bertahan lama sekaligus menjaga kesehatan rambut dan bilas dengan air dingin.

Beberapa waktu sekali, lakukan deep conditioning, seperti creambath. Biarkan krim selama 30 menit agar terserap rambut lalu bilas dengan air hangat.

Gloria menyarankan untuk menghindari hal-hal yang dapat membuat rambut kering seperti terlalu sering terpapar sinar Matahari, berenang terlalu lama dan penggunaan alat panas untuk rambut.