Jamkrida Sumsel bantu kembangkan usaha kecil

id bumd sumsel, jamkrida sumsel, umkm, dirut pt jamkrida sumsel, Dian Askin Hatta

Jamkrida Sumsel bantu kembangkan usaha kecil

Dirut PT Jamkrida Askin Hatta. (Foto Antarasumsel.com/16/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Badan Usaha Milik Daerah PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Sumatera Selatan terus berupaya membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM untuk berkembang dengan memberikan kemudahan mendapatkan pinjaman modal usaha.

Salah satu kendala pelaku UMKM untuk melakukan pengembangan usaha adalah modal, oleh karena itu pihaknya berupaya memfasilitasi pelaku usaha memperoleh bantuan modal dari perbankan, kata Direktur Utama PT Jamkrida Sumatera Selatan Dian Askin Hatta, di Palembang, Kamis.

Menurut dia, selama ini pelaku UMKM mengalami kesulitan mendapatkan pinjaman dana untuk pengembangan usaha karena tidak memiliki jaminan.

Pelaku UMKM sulit mendapat dukungan pinjaman modal usaha dari perbankan karena tidak memiliki pengelolaan administrasi dan keuangan yang baik serta barang jaminan.

Melihat permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM tersebut, pihaknya berupaya membantu sebagai penjamin bagi pelaku usaha tersebut sehingga pihak perbankan tidak ragu memberikan pinjaman modal karena pengembaliannya dijamin Jamkrid, katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya terus berupaya memberikan kontribusi dalam mendorong pengembangan UMKM di wilayah provinsi yang memiliki potensi sumber daya alam yang cukup besar itu.

Hingga kini ribuan pelaku UMKM telah difasilitasi memperoleh pinjaman dari perbankan dan bantuan modal usaha dari lembaga pengelola dana bergulir (LPDB).

Pelaku UMKM yang difasilitasi PT Jamkrida tidak ada yang ditolak saat mengajukan pinjaman modal usaha ke bank walaupun tidak memiliki jaminan/agunan kredit, karena pihaknya yang bertindak sebagai penjamin atas sejumlah dana pinjamannya.

Dengan dukungan dan kemudahan memperoleh bantuan modal usaha, diharapkan UMKM di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota ini dapat berkembang dengan baik dan mampu menyerap lapangan pekerjaan lebih banyak, kata Askin.