Pos Indonesia luncurkan jasa pengiriman Laju Malam

id PT Pos Indonesia, jasa pengiriman, pengiriman Laju Malam, Aris Nursanto, jasa ekspedisi

Pos Indonesia luncurkan jasa pengiriman Laju Malam

Ilustrasi - Aktivitas di kantor pos pusat Palembang (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Pos Indonesia (Persero) meluncurkan jasa pengiriman "Laju Malam" di Palembang, Jumat, untuk memperluas segmen pengiriman barang yang meningkatkan pesat sejak dua tahun terakhir.

Deputi Bisnis Jasa Keuangan Ritel dan Properti Regional III Sumbagsel Aris Nursanto di Palembang, Jumat, mengatakan, bisnis pengiriman barang dinyakini bakal tumbuh lebih pesat di masa mendatang seiring dengan ramainya bisnis dagang elektronik sehingga diperlukan inovasi agar dapat bersaing.

"PT Pos menyakini bahwa untuk perusahaan jasa ekspedisi swasta pasti sudah menggarap segmen ini, meski sedikit tertinggal tapi perusahaan optimistis memenangkan persaingan karena akan memberikan tarif yang terjangkau," kata Aris seusai perayaan HUT ke-270 PT Pos Indonesia di kantor pelayanan Merdeka Palembang.

Ia mengatakan untuk menunjang jasa Laju Malam ini, perusahaan menyediakan 10 unit armada dan Sumber Daya Manusia untuk menyalani konsumen berkegiatan pada malam hari.

Pengiriman yang mungkin dilakukan yakni produk logistik seperti sayur-mayur, kebutuhan pokok, hingga jasa angkut pindah rumah.

"Untuk harga akan negosiasi tergantung dengan volume barang dan jarak tempuh, bidikan perusahaan seperti pedagang-pedagang sayur dari lubuk linggau kaerna pasti melakukan pengiriman setiap hari ke Palembang," ujarnya.

Ia menambahkan, model ekpedisi ini terbilang sukses diterapkan di Medan, Sumatera Utara, dengan mengirimkan tomat dan kepiting secara rutin ke Jakarta.

Sementara di wilayah Sumbagsel, Kota Palembang dijadikan tempat uji coba jasa Laju Malam ini.

Sejauh ini, jasa pengiriman surat, logistik, dan paket masih mendominasi bisnis PT Pos dengan pertumbuhan mencapai 30 persen pada 2015.

Terkait ini sejumlah inovasi dilakukan perusahaanya di antaranya membuka Gerai Pospay atau membangun kemitraan dengan swasta, membuka layanan hingga pukul 20.00 WIB, dan memberikan layanan selama tujuh hari dalam sepekan untuk kantor pelayanan tertentu.