Puluhan calon komunitas peduli pemilu lolos seleksi

id kpu, kpu sumsel, ahmad naafi, komunitas peduli pemilu

Puluhan calon komunitas peduli pemilu lolos seleksi

Komisioner KPU Sumatera Selatan Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Ahmad Naafi. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 60 calon peserta kursus komunitas peduli pemilu dan demokrasi Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan dinyatakan lolos seleksi tertulis yang digelar pada Senin (22/8).

Peserta yang lolos seleksi tertulis ini berlatar belakang mahasiswa, pelajar, guru, wartawan, swasta dan lainnya, kata Komisioner KPU Sumatera Selatan Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Ahmad Naafi di Palembang, Kamis.

Menurut dia, calon peserta diwajikan untuk mengikuti seleksi wawancara yang akan digelar di KPU Provinsi Sumatera Selatan pada 29 Agustus mendatang.

Ia mengatakan, setelah melalui seleksi tertulis ditetapkan 60 calon untuk mengikuti seleksi wawancara.

Hasil tes tertulis sebagian besar peserta telah memahami mengenai pemilu dan demokrasi dan hasil ini akan dibawa ke dalam seleksi wawancara, katanya.

Ia menuturkan, beberapa pertanyaan inti dari soal yang diberikan kepada peserta menyangkut pada komitmen mereka untuk peduli pada pemilu dan demokrasi serta siap untuk membentuk komunitas pemilu dan demokrasi di daerah atau komunitasnya masing-masing.

"Kami akan mendalami komitmen peserta dengan seleksi wawancara sehingga bisa terakumulasi maksud dan tujuanya untuk peduli terhadap pemilu dan demokrasi," ujarnya.

Ia mengingatkan, azas penyelenggaraan pemilu dan demokrasi setidaknya dimiliki para peserta seperti jujur, mandiri, adil, proporsionalitas, efesien, profesionalitas dan digali dalam seleksi wawancara sehingga melahirkan 30 peserta untuk ikut dalam kursus kepemiluan dan demokrasi akan digelar 6-7 September 2016.

Sebelumnya masyarakat Sumatera Selatan yang mendaftarkan diri untuk bergabung dalam Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi jumlahnya semakin meningkat.

Hingga pendaftaran yang berakhir 16 Agustus 2016 hingga pukul 16.00 WIB jumlah pendaftar telah mencapai 106 peserta.

Komunitas ini akan mendapatkan fasilitas berupa pelatihan kepemiluan oleh KPU Provinsi Sumsel dan melibatkan fasilitator nasional dan akan dilibatkan dalam setiap aktifitas kepemiluan dan demokrasi di Sumatera Selatan.