Rupiah melemah 28 poin menjadi Rp13.250

id rupiah, nilai tukar rupiah, kurs rupiah, kurs dolar as, mata uang, nilai tukar, ekonomi, moneter

Rupiah melemah 28 poin menjadi Rp13.250

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS (ANTARA FOTO)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antar bank di Jakarta pada Rabu sore bergerak melemah sebesar 28 poin menjadi Rp13.250, dibandingkan posisi sebelumnya di Rp13.222 per dolar AS.

Analis PT Platon Niaga Berjangka Lukman Leong di Jakarta, Rabu mengatakan bahwa meski mata uang rupiah melemah terhadap dolar AS, namun fluktuasinya relatif masih stabil di tengah antisipasi investor menjelang pidato Ketua the Fed dalam simposium tahunan di Jackson Hole, Wyoming.

"Pelaku pasar cukup berhati-hati menanti pidato pejabat The Fed, investor akan mencermati sinyal potensi kenaikan suku bunga acuan Amerika Serikat pada tahun ini," katanya.

Ia menambahkan bahwa ekonomi Amerika Serikat sejauh ini menunjukan perbaikan sehingga sebagian kalangan pelaku pasar menahan transaksinya di aset mata uang berisiko, salah satunya rupiah.

Dari dalam negeri, lanjut dia, program amnesti pajak masih menjadi perhatian pelaku pasar. Diharapkan, dana repatriasi yang ditargetkan pemerintah dapat tercapai sehingga dapat digunakan untuk mengembangkan infrastruktur.

Ia mengatakan bahwa meski realisasi repatriasi dana dari program amnesti pajak masih minim namun ke depan dipercaya akan terus bertambah dan sesuai target pemerintah. Pemerintah menargetkan dana repatriasi amnesti pajak Rp1.000 triliun, deklarasi Rp4.000 triliun, dan uang tebusan Rp165 triliun.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan bahwa pelaku pasar memilih memegang dolar AS  menjelang simposium Jackson Hole, yang mungkin memberikan petunjuk kenaikan bunga the Fed pada tahun ini.

"Data penjualan rumah untuk keluarga tunggal di Amerika Serikat secara tak terduga naik di bulan Juli, situasi membuka peluang The Fed memberi sinyal kenaikan suku bunga," katanya.

Sementara itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Rabu ini mencatat nilai tukar rupiah bergerak melemah menjadi Rp13.252 dibandingkan hari sebelumnya (24/8) Rp13.216.