Wagub Sumsel minta UMKM buat produk unggulan

id wakil gubernur sumsel, ishak mekki, umkm, asosiasi indusrtri umkm, ikm, ukm

Wagub Sumsel minta UMKM buat produk unggulan

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki (Foto Antarasumsel.com/Susilawati/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki minta kepada para pemilik usaha mikro kecil dan menengah untuk membuat produk unggulan terutama menjelang Asian Games 2018.

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di daerah ini cukup banyak dan saat Asian Games nanti harus menampilkan produk unggulan, kata Wagub usai menerima Asosiasi Industri Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Palembang, Rabu.

Ia mengatakan, potensi bahan baku usaha mikro, kecil dan menengah di daerah ini cukup besar sehingga harus dimanfaatkan.

Oleh karena itu potensi bahan baku yang ada tersebut harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, sehingga produk dihasilkan dapat dijual saat pesta olahraga internasional mendatang, ujar dia.

Dia mengatakan, saat Asian Games nanti banyak tamu yang berkunjung ke Palembang, sehingga peluang tersebut harus dimanfaatkan dengan menampilkan produk unggulan.

Apalagi peserta pesta olahraga yang akan diikuti utusan 45 negara nanti akan banyak membutuhkan cendera mata dari tuan rumah, ujar dia.

Sehubungan itu asosiasi ini perlu mendorong supaya usaha mikro, kecil dan menengah lebih kreatif untuk membuat produk unggulan sekaligus menarik.

Namun, lanjut dia, produk unggulan yang diproduksi itu harus berkualitas dan mempunyai daya tarik tersendiri, terutama masalah pengemasannya supaya semakin dikenal.

Produk unggulan tersebut juga sebagai upaya peran serta masyarakat dan pengusaha dalam menyukseskan Asian Games mendatang, tambah dia. (U005)