Universitas Sriwijaya terima 7.000 mahasiswa baru

id Universitas Sriwijaya, unsri, mahasiswa unsri, mahasiswa baru, kampus unsri, ketua lp3mp unsri, Syafaruddin

Universitas Sriwijaya terima 7.000 mahasiswa baru

Universitas Sriwijaya (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Universitas Sriwijaya di Palembang, Sumatera Selatan pada tahun akademik 2016/2017 ini menerima sekitar 7.000 mahasiswa baru dari berbagai daerah.

Dengan adanya mahasiswa baru tersebut secara keseluruhan mahasiswa yang aktif mengikuti perkuliahan di kampus Universitas Sriwijaya (Unsri) Indralaya, Ogan Ilir dan Bukit Besar Palembang mencapai 30.000 orang, kata Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjamin Mutu Pendidikan (LP3MP) Unsri Syafaruddin, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, minat lulusan SMA dan sederajat untuk masuk ke Unsri cukup tinggi, namun karena keterbatasan kapasitas daya tampung ruang perkuliahan yang dimiliki, pihaknya belum bisa meningkatkan jumlah penerimaan mahasiswa baru.

"Sementara ini, kami fokus mendidik mahasiswa yang ada dengan kapasitas kemampuan tenaga dosen dan fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar yang ada, dan berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan lulusan," ujarnya.

Mengenai peningkatan kualitas, pihaknya menargetkan peningkatan akreditasi dari akreditasi A menjadi akreditasi internasional pada 2020.

Sekarang ini sebagian program studi telah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Melihat kondisi gedung, SDM, dan fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar yang dimiliki sekarang ini paling tidak ada lima program studi yang bisa meraih akreditasi tertinggi itu.

Program studi atau fakultas yang sangat siap mendapatkan akreditasi internasional seperti Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Unsri yang saat ini mengantongi akreditasi A.

Selain itu, pihaknya juga berupaya meningkatkan kualitas mahasiswa dan lulusan karena salah satu poin penilaian akreditasi adalah lama belajar mahasiswa hingga mendapat gelar sarjana dan masa tunggu alumni mendapatkan pekerjaan.

Lama belajar mahasiswa sekarang ini rata -rata 4,5 tahun, dan sekitar 30 persen yang berhasil menyelesaikan perkuliahan di bawah empat tahun.

Melalui berbagai upaya peningkatan kualitas itu, pihaknya secara bertahap meningkatkan jumlah mahasiswa yang bisa menyelesaikan perkuliahan lebih cepat di bawah empat tahun dan membekalinya dengan keterampilan sesuai dengan disiplin ilmu yang dipelajari di kampus ini, ujar Ketua LP3MP Unsri itu.