Pemprov Sumsel akan normalisasi sungai antisipasi banjir

id pemprov sumsel, normalisasi sungai, sungai, dinas pu sumsel, rinhardi, banjir

Pemprov Sumsel akan normalisasi sungai antisipasi banjir

Ilustrasi - Sampah yang tertahan di trash boom salah satu anak sungai di Sekip Ujung Palembang, Rabu (6/2) (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan melakukan normalisasi sungai untuk mengantisipasi banjir terutama saat musim penghujan mendatang.

Sumsel dan Palembang sering terjadi banjir akibat saluran air kurang lancar sehingga perlu dinormalisasi, kata Kepala Dinas PU Pengairan Sumsel Rinhardi di Palembang, Rabu.

Jadi saluran air perlu perbaikan supaya arus tidak terhambat terutama bila musim hujan, kata dia.

Oleh karena itu bila ada sampah dan tumpukan tanah maka itu perlu dibuang agar aliran sungai menjadi lancar, ujar dia.

Begitu juga pembuatan dan perbaikan kolam retensi lainnya perlu dilakukan supaya resapan air saat musim penghujan lebih cepat, tambahnya.

Dia mengatakan, memang itu menjadi program pihaknya yang dilaksanakan secara rutin supaya sungai selalu terawat.

Memang, ujar dia, secara nasional pemanfaatan sumber daya air itu akan dibahas bersama di Palembang akhir September mendatang.

Pembahasan untuk memaksimalkan pemanfaatan air tersebut diantaranya termasuk normalisasi sungai, kata dia.

Selain itu perbaikan dan penambahan irigasi untuk memperkuat ketahanan pangan juga akan dibahas dalam pertemuan tersebut, ujar dia.

Pertemuan yang diikuti seluruh provinsi di Sumatera dan Bali serta Sulawesi itu hasilnya nanti akan disampaikan pada pemerintah pusat untuk program ketahanan pangan selanjutnya. (U005)