Kodam Sriwijaya latih keterampilan para pengangguran

id Kodam II Sriwijaya, Syaepul Mukti Ginanjar, pelatihan keterampilan, wawasan kebangsaan, para pengangguran

Kodam Sriwijaya latih keterampilan para pengangguran

Kepala Penerangan Kodam II/Sriwijaya Kolonel Arh Syaepul Mukti Ginanjar (Foto Antarasumsel.com/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kodam II/Sriwijaya melaksanakan pelatihan keterampilan dan pembinaan masalah wawasan kebangsaan kepada para pengangguran dan preman yang ada di daerah tersebut.

Mereka diberikan pembekalan keterampilan dan pemahaman tentang wawasan kebangsaan selama satu bulan, kata Kepala Penerangan Kodam II/Sriwijaya Kolonel Arh Syaepul Mukti Ginanjar di Palembang, Selasa (23/8).

Pelatihan keterampilan dan pembinaan wawasan kebangsaan itu dilaksanakan di Rindam II/Sriwijaya Kabupaten Lahat, Sumsel yang dibuka Danrindam atas nama Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Sudirman beberapa waktu lalu.

Menurut dia, saat pembukaan pelatihan tersebut dalam sambutan tertulisnya Pangdam mengatakan, tujuan dilaksanakan pembinaan wawasan kebangsaan untuk membangun generasi muda yang disiplin, semangat, kreatif dan inovatif.

Selain itu pembekalan tersebut untuk membentuk sikap mental yang baik sekaligus mereka diharapkan lebih memiliki cinta akan tanah air, ujar dia.

Pangdam juga minta agar peserta harus menghilangkan kebiasaan buruk, sikap dan prilaku yang tidak sesuai dengan norma masyarakat dan harus menjadi contoh.

Oleh karena itu dalam pelatihan ini peserta bukan saja dibekali tentang wawasan kebangsaan tetapi juga keterampilan berbagai bidang keahlian.

Dalam acara tersebut Pangdam juga berharap supaya peserta akan mampu menjadi masyarakat mandiri, berhasil dan bermanfaat serta menjadi kader bela negara.

Peserta antara lain diberi keterampilan kerajinan tangan, membuat kue kering, mekanik motor dan mobil, bengkel las, pembuatan batako serta keterampilan lainnya.

Sebelum melaksanakan pelatihan peserta juga mengikuti tes kesehatan termasuk doa bersama supaya maksimal dalam pembinaan. (U005)