Unsri targetkan akreditasi internasional 2020

id unsri, akreditasi, akreditasi internasional, target, mahasiswa, ban pt

Unsri targetkan akreditasi internasional 2020

Pejabat di lingkungan Unsri menghadiri acara Yudisium sarjana hukum. (Foto Antarasumsel.com/16/Yudi Abdullah)

...Program studi atau fakultas yang sangat siap mendapatkan akreditasi internasional seperti Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Unsri saat ini mengantongi akreditasi A...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Universitas Sriwijaya di Palembang Provinsi Sumatera Selatan menargetkan peningkatan akreditasi dari akreditasi A menjadi akreditasi internasional pada 2020.

"Sekarang ini sebagian program studi telah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, dan melihat kondisi gedung, SDM, dan fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar saat ini, optimistis dapat meraih akreditasi tertinggi itu," kata Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjamin Mutu Pendidikan (LP3MP) Unsri Syafaruddin, pada Yudisium Sarjana S1, S2, dan S3 Fakultas Hukum Unsri, di Palembang, Selasa.

Menurut dia, program studi atau fakultas yang sangat siap mendapatkan akreditasi internasional seperti Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Unsri saat ini mengantongi akreditasi A.

Upaya untuk mewujudkan target tersebut, pihaknya secara bertahap meningkatkan akreditasi program studi sejumlah fakultas saat ini status akreditasinya B.

Program studi pada fakultas yang masih akreditasi B akan didorong mempersiapkan diri memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam penilaian borang/tim penilai akreditasi BAN-PT, seperti sumber daya manusia (SDM) bidang pengajaran dan administrasi, penambahan peralatan laboratorium dan fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar lainnya.

Selain itu, pihaknya juga berupaya meningkatkan kualitas mahasiswa dan lulusan, karena salah satu poin penilaian akreditasi adalah lama belajar mahasiswa hingga mendapat gelar sarjana dan masa tunggu alumni mendapatkan pekerjaan.

Semakin cepat mahasiswa menyelesaikan pendidikan di kampus dan memperoleh pekerjaan atau membuka lapangan kerja, penilaian terhadap program studi dalam suatu fakultas akan tinggi.

Pihaknya berupaya mendorong mahasiswa untuk menyelesaikan pendidikan di bawah empat tahun, dan memiliki keterampilan di samping kemampuan mengaplikasikan ilmu sesuai dengan disiplin ilmu yang dipelajari di Unsri, ujarnya lagi.