Kodam Sriwijaya maksimalkan program cetak sawah baru

id kodam ii sriwijaya, sawah, cetak sawah,

Kodam Sriwijaya maksimalkan program cetak sawah baru

Petani menanam bibit padi pada musim tanam di kompleks persawahan Plaju darat, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (16/6). (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15/Den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kodam II/Sriwijaya terus memaksimalkan cetak sawah baru di wilayah Sumbagsel untuk mendukung program pemerintah pusat dalam meningkatkan ketahanan pangan.

Kepala Penerangan Kodam II/Sriwijaya Kolonel Arh Syaepul Mukti Ginanjar di Palembang, Selasa mengatakan, pihaknya terus memaksimalkan cetak sawah baru supaya program ketahanan pangan nasional tercapai.

Untuk 2016 ini di Sumatera Bagian Selatan (Sumsel, Jambi, Lampung, Bengkulu, Bangka Belitung) ditargetkan cetak sawah baru seluas 33.440 hektare yang di antaranya dikerjakan jajaran Kodam II/Sriwijaya.

Dia mengatakan, dengan luasnya areal cetak sawah baru itu maka pihaknya terus memaksimalkan pengerjaan supaya selesai tepat waktu.

Ia mengatakan, untuk mengetahui keadaan dan perkembangan cetak sawah baru itu pihaknya dipimpin Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Marga Taufiq melakukan peninjauan lokasi di Lampung beberapa hari lalu dan ternyata sudah maksimal karena hampir tercapai target.

Yang jelas pihaknya terus memantau perkembangan cetak sawah baru supaya tercapai target yang ditetapkan, katanya.

Memang, lanjut dia, program cetak sawah baru yang bekerja sama dengan pemerintah daerah harus didukung supaya berhasil mencapai swasembada pangan.

Apalagi pemerintah melalui Kementerian Pertanian bekerja sama dengan TNI Angkatan Darat melaksanakan program cetak sawah baru di seluruh Indonesia termasuk di wilayah Sumbagsel.

Program cetak sawah baru yang dilaksanakan secara bertahap itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tambah dia. (U005)