Kemenag minta calon haji waspadai cuaca panas

id plt kakanwil kemenag, ahmad fauzie, haji, calon haji

Kemenag minta calon haji waspadai cuaca panas

Sejumlah Jamaah Calon Haji (JCH) menanti pembagian paspor dan gelang di Asrama Haji Palembang, Selasa (17/9). (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan Ahmad Fauzie minta para jamaah calon haji di daerah itu untuk mewaspadai cuaca panas di Arab Saudi.

Saat ini cuaca cukup panas di Mekkah sehingga itu harus diwaspadai, kata Ahmad Fauzie di Palembang, Kamis.

Menurut dia, suhu yang panas tersebut harus diantisipasi antara lain dengan banyak minum air putih, jangan melalukan aktivitas tidak penting terutama di luar ruangan.

Selanjutnya lakukan antisipasi dengan memperbanyak minum air putih dan jangan mengadakan kegiatan yang tidak penting karena akan menguras tenaga sehingga bisa terkena hiderasi.

Jadi jaga kesehatan selama menunaikan rukun Islam kelima supaya ibadah akan semakin khusuk, kata dia.

Memang, lanjut dia, setiap kelompok terbang (kloter) didampingi 5 petugas, dan hal tersebut tidak cukup menangani jumlah jamaah rata-rata 450 orang per kloter.

Namun, pihaknyan akan memberikan pelayanan maksimal dan bantuan mendadak jika ada calon haji mengalami sakit, kata dia.

Sebelumnya Gubernur Sumsel Alex Noerdin minta supaya jamaah calon haji menjaga kesehatan selama di Arab Saudi.

Apalagi saat ini cuaca panas dan harus diantisipasi dengan memperbanyak minum air putih, sebagai upaya dalam menjaga kesehatan selain beristirahat yang cukup, tambah dia. (U005)