Legislator: "sekolah sehari penuh" harus diuji coba

id anggota dprd sumsel, Syaiful Padli, sekolah seharipenuh, full day school, sekolah, smp, sma

Legislator: "sekolah sehari penuh" harus diuji coba

Sejumlah siswa melakukan pengajian dan doa bersama menjelang Ujian Nasional SMP di halaman SMP Negeri 1 Palembang, Sabtu (2/5) (Foto: antarasumsel.com/Fenny Selly/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Anggota DPRD Sumatera Selatan Syaiful Padli menyatakan wacana sekolah sehari penuh atau "full day school" yang dilontarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy harus diuji coba dulu di beberapa sekolah sebelum diterapkan.

"Kalau aturan itu mau diterapkan harusnya pemerintah melakukan ujicoba dulu di beberapa sekolah, misalnya di sekolah unggulan," kata Syaiful di Palembang, Rabu.

Menurut dia, jadi tidak langsung diterapkan merata di seluruh Indonesia, karena untuk saat ini masih belum bisa diberlakukan di seluruh sekolah.

Ia mengatakan, kalau aturan tersebut diterapkan di perkotaan mungkin tidak menjadi masalah, yang menjadi masalah itu bila sekolah berada di daerah-daerah jauh dari kota sehingga anak belum terbiasa bangun pagi dan sampai sore berada di sekolah.

Artinya, tidak bisa disamaratakan di seluruh tempat, kalau aturan itu mau diterapkan harusnya pemerintah melakukan uji coba dulu, ujarnya.

Ia melihat, kalau itu hanya program populis saja dan ingin menaikan grate seorang menteri dengan membuat program kerja sehingga populer.

"Jadi, harus diuji coba dulu di beberapa sekolah unggulan dan kalau sudah efektif dan bisa, baru diterapkan di seluruh tempat. Saya melihatnya untuk saat ini masih belum bisa diterapkan di seluruh sekolah," tuturnya.

Ia menyatakan, kalau di Kota Palembang mungkin bisa diterapkan aturan itu, kalau di daerah perairan yang butuh beberapa jam untuk mencapai sekolah maka pulangnya bisa magrib sampai di rumah, jadi masalah keamanan harus dipikirkan juga oleh pemerintah, tidak sekedar mengeluarkan kebijakan saja.

Ia mengaku, kalau anak-anaknya sudah terbiasa dengan sekolah sehari penuh tersebut, jadi Senin sampai Jumat masuk pukul 07.15 WIB dan pulang pukul 15.30 WIB.

Artinya tidak berpengaruh kalau kondisinya berada di perkotaan, karena sudah ada sekolah-sekolah yang menerapkan sekolah sehari penuh, katanya.