Gubernur Sumsel minta camat awasi titik api

id gubernur sumsel, alex noerdin, camat, kepala desa, titik api, hot spot, titik panas, kebakaran lahan, kebakaran hutan

Gubernur Sumsel minta camat awasi titik api

Ilustrasi - Kebakaran lahan di Desa Pulo Geronggang, Kab Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin minta kepada camat dan kepala desa untuk memantau titik api yang ada di daerah tersebut supaya tidak terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

"Jangan sampai camat dan kepala desa tidak berada di tempat apalagi saat terjadi kebakaran hutan dan lahan," kata gubernur saat sosialisasi retorasi lahan gambut di Palembang, Selasa.

Menurut dia, begitu juga bupati harus selalu memantau keberadaan titik api di kabupatennya karena bila semakin banyak dikhawatirkan terjadinya kebaran.

Jadi bila ada titik api segera dipadamkan supaya kebakaran tidak terjadi, ujar dia.

Apalagi saat ini mamasuki musim kemarau sekarang ini dan umumnya titik api akan meningkat sehingga itu perlu diantisipasi supaya tidak terjadi kebakaran, ujar dia.

Dia mengatakan, antisipasi sejak dini itu supaya Sumsel tidak adanya asap akibat kebakaran hitan dan lahan.

Memang, Sumsel rawan akan kebakaran hutan dan lahan karena daerah ini banyak terdapat lahan gambut.

Lahan gambut umumnya rawan terbakar apalagi bila titik api meningkat, kata dia.

Oleh karena itu dengan adanya retorasi lahan gambut sekarang ini juga sebagai upaya dalam mencegah agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Dia mengatakan, saat ini memang pihaknya terus berupaya mengantisipasi supaya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Bahkan, lanjut dia, pihaknya dibantu aparat TNI dan Polri dalam mengantisipasi untuk mencegah supaya kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi.

Namun, keberhasilan dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan itu tidak terlepas dukungan dari seluruh lapisan masyarakat termasuk warga yang daerahnya rawan kebakaran, tambah dia. (U005)