Musirawas Utara berangkatkan 88 jamaah calon haji

id pemkab musirawas utara, jamaah calon haji, haji

Musirawas Utara berangkatkan 88 jamaah calon haji

Ilustrasi - Jamaah haji kloter pertama embakarsi Palembang mengenakan masker saat tiba di Asrama Haji Palembang, Sumsel. (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Musirawas Utara (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musirawas Utara, Sumatera Selatan siap memberangkatkan 88 orang jamaah calon haji dan sudah dilakukan penyuntikan vaksin hikmanitis akhir pekan lalu.

"Para Jamaah Calon Haji (CJH) itu akan kita berangkatkan tanggal 16 Agustus 2016 bersama rombongan kloter dari Palembang termasuk tim tenaga medis," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Musirawas utara Ikhsan Baidjuri dihubungi, Senin.

Ia mengatakan sejak daerah itu menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) 2013 hingga saat ini tetap rutin mengirim CJH, namun pada tahun ini jumlahnya lebih banyak dari sebelumnya hanya di bawah 50 orang.

Para JCH itu seluruhnya terakhir diberikan suntikan vaksin hikmanitis akhir pekan lalu, sedangkan sebelumnya sudah puluhan orang dilakukan suntikan kekebalan tubuh itu bersama JCH dari kabupaten induk Musirawas.

Kepada para JCH asal Kabupaten Musirawas Utara diharapkan tetap menjaga kesehatan, karena ibadah haji berbeda dengan ibadah lain, selain harus dapat menjalankan rukun haji juga menyiapkan fisik dengan prima apa lagi usia mereka rata-rata sudah di atas 50 tahun.

Kesehatan itu harus dijaga sebelum keberangkatan, baik dari segi makan, tidur yang cukup menjelang keberangkatan tanggal 16 Agustus 2016 disamping meningkatkan ibadah lainnya.

Selain itu para jamaah agar mentaati aturan haji yang disampaikan oleh para pendamping, jangan merasa lebih tua karena semua pendamping masih tergolong muda.

Para jamaah tidak sendirian tapi akan didampingi oleh tim medis yakni satu dokter dan dua perawat, mereka kesemuanya berasal dari Musirawas Utara, untuk memudahkan berkomunikasi antara JCH dengan dengan para medis terutama dalam hal kesehatan.

Hingga akhir pekan lalu seluruh JCH sudah diberikan vaksin sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh tim medis pada Puskesmas terdekat, terutama para jamaah yang belum melakukan penyuntikan sebelumnya.

Ia mengimbau kepada seluruh jamaah sesampai di tanah suci jangan sekali-kali mendahulukan kepentingan pribadi seperti berbelanja dan lainnya, curahkan perhatian untuk mendapatkan haji mabrur dan memperhatikan kesehatan, ujarnya.

Plt Sekda Musirawas Utara Abdullah Maktjik mengharapkan kepada seluruh JCH untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan Allah itu, karena masih banyak saudara-saudara sesama muslim lainnya belum diberikan kesempatan untuk menunaikan rukun Islam kelima itu.

Persiapkan diri sebaik mungkin dan ikuti setiap materi yang diberikan saat manasik haji, sehingga menjadi bekal selama menunaikan ibadah haji dan patuhi segala arahan dan bimbingan selama dalam perjalanan hingga diberangkatkan ke Tanah Suci.

Para JCH yang akan berangkat tahun ini, akan membawa nama baik keluarga, daerah dan juga negara, dengan demikian sudah sepatutnya saling menjaga, tolong menolong dan serta patuh pada pimpinan kloter dan rombongan.

"Para jamaah akan didampingi tenaga medis yang handal untuk memberikan pelayanan kesehatan, jangan sampai mengabaikan kesehatan walau sudah ada tim medis karena akan mempengaruhi seluruh kegiatan ibdah di tanah suci nanti," katanya.