PDAM Baturaja minta bantuan dana dari Austria

id pdam, pdam baturaja, Perusahaan Daerah Air Minum, dana bantuan austria, pdam oku, dirut pdam oku, abikusno

PDAM Baturaja minta bantuan dana dari Austria

Instalasi pengelolaan air PDAM (Foto Antarasumsel.com)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Perusahaan Daerah Air Minum Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan meminta bantuan dana dari pemerintah Austria untuk memperluas pelayanan jaringan air bersih ke pelanggan di daerah itu.

"Bantuan dana dari Austria itu amat diharapkan untuk menambah infrastruktur perusahaan daerah tersebut untuk meningkatkan pelayanan air bersih kepada warga setempat, kata Dirut PDAM Ogan Komering Ulu (OKU) Abikusno di Baturaja, Senin.

Ia menjelaskan, PDAM OKU kini sudah mencoba meminta bantuan ke Austria. Pihak pemerintah Austria juga meminta dua persyaratan yang perlu dipenuhi.

"Kedua persyaratan itu adalah rancangan bangunan dan bisnis PDAM OKU. Jika kedua persyaratan itu sudah dilengkapi, maka mudah-mudahan dana bantuan tersebut bisa mengalir," katanya.

Menurut dia, pihaknya sekarang sedang berusaha menyiapkan persyaratan itu.

Mengenai besaran dana bantuan belum tahu pasti dan yang jelas jika dana itu cair tidak akan memberatkan Pemkab OKU.

Sebab sistem pembayaran dana yang dikucurkan Austria 100 persen, maka yang wajib dibayar PDAM OKU hanya sekitar 65 persen saja dan selebihnya dalam bentuk hibah.

"65 persen itu juga dilakukan pembayaran dengan cara menyicil. Kami akan melengkapi persyaratan yang diminta pihak Austria dulu, setelah itu baru akan dikucurkan," katanya.

Ia berharap, melalui dana bantuan tersebut PDAM OKU bisa memperluas jangkauan pelayanan, serta mengganti pipa berusi tua, sehingga kualitas air yang didistribusikan kepada pelanggan semakin baik.