Kadis: Indonesia Mengajar mendorong siswa belajar kreatif

id kepala dinas pendidikan sumsel, widodo, indonesia mengajar, guru, siswa

Kadis: Indonesia Mengajar mendorong siswa belajar kreatif

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Widodo. (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Widodo mengatakan program Indonesia Mengajar untuk mendorong supaya siswa lebih aktif dalam belajar.

Hal ini karena program Indonesia Mengajar terdiri dari guru yang berpengalaman serta berada di desa pinggiran, kata Widodo kepada wartawan saat menerima tim Indonesia Mengajar di Palembang, Jumat.

Menurut dia, para guru tersebut memang menjadikan siswa lebih aktif dalam belajar karena tenaga pendidik tersebut cukup berpengalaman.

Selain itu siswa semakin semangat dalam menuntut ilmu karena selama ini mereka belum maksimal belajar karena mayoritas berada di desa terpencil, katanya.

Oleh karena itu dengan adanya tenaga pendidik sukarelawan ini kualitas sumber daya manusia semakin meningkat, ujarnya.

Sementara Izud salah seorang guru dari Indonesia Mengajar mengatakan, pihaknya memberikan pelajaran pada siswa sekolah dasar di daerah terpencil Sumsel.

Untuk di Sumsel sendiri ada enam tenaga pengajar yang masing - masing tiga di Muaraenim dan Banyuasin.

Mengenai materi pelajaran sendiri sama dengan yang diprogramkan Dinas Pendidikan, namun pihaknya dalam memberikan pelajaran lebih kreatif.

Selain itu juga pihaknya mengajar di sekolah pinggiran terutama yang kurang guru.

Memang, program Indonesia Mengajar untuk memberikan dorongan pada masyarakat pedesaan betapa pentingnya menuntut ilmu, ucapnya. (U005)