Pemkab PALI bangun puluhan sekolah baru

id dinas pendidikan pali, pemkab pali, sekolah, bangun sekolah

Pemkab PALI bangun puluhan sekolah baru

Ilustrasi - Ruang kelas. (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Penukal Abab, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan membangun 21 unit sekolah baru untuk meningkatkan sumber daya manusia di daerah itu.

Pembangunan 21 sekolah baru itu yakni enam unit Sekolah Dasar (SD), sembilan unit SMP, tiga unit SMA dan tiga unit SMK pada lima Kecamatan di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), kata Kepala Dinas Pendidikan Nasional Penukal Abab Lematang Ilir Abu Hanifah, di Penukal Abab, Kamis.

Ia menjelaskan dibangunya 21 unit sekokah baru tersebut selain untuk mendukung program wajib belajar serta meninggkatkan sumber daya manusia, juga menghindarkan penumpukan siswa melebihi kapasitas kelas.

Dia mengungkapkan berdasarkan data statistik kabupaten setempat tahun 2014, Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Indeks Prestasi Manusia (IPM) sangat rendah, terutama APK untuk SLTA dan SLTP.

"Kondisi ini tidak sebanding antara kuota lulusan SD yang ada dengan ketersediaan gedung sekolah tinggkat SLTP. Begitu juga dengan jumlah kuota lulusan sekolah tinggkat SLTP dengan ketersediaan gedung sekolah SLTA," katanya.

Menyikapi hal mendasar ini, kata dia, Pemkab memandang perlu untuk didirikannya sejumlah unit sekokah baru.

Selain itu masyarakat di Kabupaten PALI banyak yang menyekolahkan anaknya ke luar kabupaten, dengan alasan lebih hemat biaya transpor, akan tetapi mereka masih dibebankan oleh biaya kos.

"Untuk itu, dengan adanya sekolah yang jaraknya dekat, orang tua bisa menghemat biaya pendidikan untuk anak-anak mereka," kata Abu Hanifah.

Sementara, jika dilihat unit sekolah yang didirikan pada tahun 2015, belum bisa memenuhi kuota pada penerimaan siswa baru tahun ini, karena setiap tahun mengalami peninggkatan kuota lulusan baik dari tinggkat SD, SMP, SMA,maupun SMK.

"Dalam pelaksanaan pendirian unit sekolah baru pihaknya banyak menerima apresiasi dari masyarakat, meskipun demikian hal itu dibarengi dengan berbagai kritik dan saran, namun saya menganggap itu adalah hal yang wajar-wajar saja," ujar Abu.

Sementara, target dan tujuan didirikannya unit sekolah baru bukan hanya untuk mencari murid, melainkan untuk mencerdaskan para generasi muda sebagai generasi penerus bangsa.

"Selain itu, jika di setiap kecamatan telah didirikan sekolah baru, dibangunya SMKN 1 Penukal Utara di Suka Rame, jalan tersebut tidak sepi kegiatan ekonomi juga akan hidup di sana. Pemerintah Kabupaten akan mendukung fasilitas umum seperti jalan cor dan diberi lampu jalan," katanya.

Ia bersyukur, PALI tahun ini dapat ruang praktek sekolah untuk SMKN 1 Talang Ubi, pembangunan SMAN 2 dan SMAN 3 Penukal dari dana pusat.

Sedangkan di tahun 2017, diharapkan pembangunan SMAN 4 dan SMAN 5 Talang Ubi.

Sementara untuk mendukung peningkatan mutu sekolah dan pendidik, setiap tahun Diknas Kabupaten PALI mengadakan sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek) untuk seluruh guru.

"Tahun 2016 ini kita adakan bimtek di tujuh tempat yang akan dilaksanakan pada awal Agustus untuk seluruh guru dari tingkat SD, SMP, SLTA dan SMK," kata Abu Hanifah.