Ogan Komering Ulu segera miliki bank daerah

id kabupaten oku, ogan komering ulu, bupati oku, kuryana azis, bpr baturaja, bank perkreditan rakyat

Ogan Komering Ulu segera miliki bank daerah

Ilustrasi - Bank Perkreditan Rakyat. (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/16/den)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan segera memiliki Bank milik daerah, karena dalam waktu dekat ini akan didirikan oleh pemkab setempat.

Bank daerah itu setelah berdiri nanti dengan sasaran kreditur dan debitur para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM), kata Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Kuryana Azis di Baturaja, Rabu.

Bupati menjelaskan, bank milik daerah ini diberi nama Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Baturaja yang ditargetkan beroperasi pada awal 2017.

Dia mengemukakan, sebagai syarat operasional BPR Baturaja nantinya seluruh perizinan yang dibutuhkan dari Bank Indonesia maupun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan lainya sudah dinyatakan selesai.

Kuryana usai memimpin Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Bank Perkreditan Rakyat mengatakan, saat ini tinggal kelengkapan syarat perizinan secara lokal.

"Syarat kelayakan untuk pendirian sebuah bank hampir seluruhnya selesai, termasuk saya sebagai kepala daerah sudah dilakukan uji kelayakan dan kepatutan di Bank Indonesia. Tinggal lagi penunjang operasional yang ada kaitannya dengan perizinan secara lokal," kata Kuryana.

Sementara Direktur Utama PT Bank Perkreditan Rakyat Baturaja, Januar Hertanto di dampingi Direkturnya Fitriadi S mengatakan, BPR ini merupakan bank pelat merah milik Pemkab OKU sebagai pemegang saham terbesar 99 persen, sedangkan satu persen lagi sahamnya dimiliki PD Pasar OKU.

Penyertaan modal yang dilakukan Pemkab OKU kata Januar Hertanto, senilai Rp15 miliar akan dikucurkan secara bertahap.

Tumbuh kembangnya BPR Baturaja diakui Januar, membutuhkan dukungan masyarakat luas terutama para pelaku UMKM, mengingat bank ini siap menjadi mitra sejajar bagi bank perkreditan yang sudah sejak lama berdiri.

"Sebagai bank baru, managemen kami siap berkompetisi secara sehat dengan bank yang sudah ada. Mudah mudahan BPR Baturaja bisa menarik simpati para pelaku UMKM yang akan menjadi salah satu sasaran kami," katanya.

Usai memimpin Rapat Umum Pemegang Saham, Bupati OKU Kuryana Azis meresmikan logo dan nama Bank Perkreditan Rakyat Baturaja.