Pemprov siapkan dana gantir rugi lahan KEK

id pemprov sumsel, kawasan ekonomi khusus, tanjung api api, lahan kek taa, kek taa

Pemprov siapkan dana gantir rugi lahan KEK

Aktivitas di Pelabuhan Penyeberangan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api Api Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Foto Antarasumsel.com/ Evan Ervani/16/den)

 Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan dana untuk ganti rugi lahan proyek pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus di lokasi pelabuhan laut Tanjung Api Api, Kabupaten Banyuasin.

Dana yang disiapkan miliaran rupiah dan penyalurannya melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Selatan, kata Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Sumsel, Edward Chandra di Palembang, Rabu.

Sementara mengenai besaran dana ganti rugi akan ditentukan tim dan Pemerintah Provinsi Sumsel hanya menyiapkan anggaran saja, kata dia.

Oleh karena itu ganti rugi lahan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sudah siap dibayarkan karena dananya sudah tersedia.

Namun,lanjut dia, sekarang ini baru diukur lokasi yang akan diganti rugi oleh pihak BPN Kabupaten Banyuasin.

Jadi pada 2016 ganti rugi akan dilaksanakan untuk luas areal 60 hektare, ujar dia.

Nantinya, setelah selesai ganti rugi lahan itu maka KEK dapat dimulai kegiatan pembangunan berbagai industri baik yang bersekala kecil, menengah dan besar, kata dia.

Sebelumnya Sekretaris Daerah Pemprov Sumsel, Mukti Sulaiman meminta seluruh instansi terkait pembebasan lahan di Kawasan Ekonomi Khusus di lokasi pelabuhan laut Tanjung Api-Api, seperti BPN, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta yang lainnya segera melakukan percepatan penyelesaian pembebasan lahan.

Hal ini karena pembebasan lahan bukan perkara yang mudah tentu akan didapati kendala baik teknis maupun non teknis.

Oleh karena itu diharapkan agar permasalahan administrasi segera diselesaikan, sehingga secepatnya dilakukan ganti rugi, tambah dia. (U005)