Perusahaan Jepang segera bangun PLTS Jabakaring

id plts, plts jakabaring, pembangkit listrik, pembangunan, infrastruktur, asian games, pt sharp, kepala dinas pertambangan, robert heri

Perusahaan Jepang segera bangun PLTS Jabakaring

Ilustrasi - Pembangunan PLTS di kawasan Jakabaring Palembang (Foto Antarasumsel.com/ Evan Ervani/16)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Perusahaan dari Jepang PT Sharp segera membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Jakabaring Palembang untuk mendukung penerangan peserta Asian Games 2018.

Perusahaan tersebut siap membangun PLTS dan sekarang sedang dalam proses, kata Kepala Dinas Pertambangan Sumsel Robert Heri usai mendampingi perusahaan tersebut menghadap Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di Palembang, Selasa.

Memang, lanjut dia, sekarang sedang pemerataan lahan untuk pembangunan PLTS dengan kapasitas tahap awal sekitar 2 MW itu.

Pembangunan PLTS tersebut bekerja sama dengan perusahaan daerah dan pendanaan sendiri dari pihak pemerintah Jepang, ujar dia.

Yang jelas, lanjut dia, Pemerintah Provinsi Sumsel sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan listrik tenaga surya tersebut.

"Jadi mulai awal Januari 2017 PLTS itu akan dibangunan karena sekarang sedang dalam proses," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, sementara target selesai sendiri akhir 2017 sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan Asian Games.

Gubernur Sumsel mengatakan, memang kawasan Jakabaring Palembang akan dijadikan kota olahraga yang berwawasan lingkungan.

Dalam arti Jakabaring nantinya bebas dari polusi sehingga PLTS tersebut sangat mendukung, kjata dia.

Oleh karena itu diharapkan pembangunan PLTS tersebut segera rampung sehingga Jakabaring benar-benar menjadi kota olahraga berwasasan lingkungan, tambah dia. (U005)