Deputi: budaya Sumsel harus dikembangkan secara maksimal

id budaya sumsel, cheng ho,

Deputi: budaya Sumsel harus dikembangkan secara maksimal

Ilustrasi - Patung Muhammad Cheng Hoo (istimewa )

Palembang (ANTARA Sumsel) - Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman mengatakan, budaya Sumatera Selatan harus dikembangkan secara maksimal karena itu dapat menambah daya tarik wisatawan.

Hal ini karena budaya di Sumatera Selatan cukup banyak sehingga harus dikembangkan, kata dia saat peresmian jalur dan replika kapal Chengho di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, selain itu budaya daerah harus dipromosikan supaya dapat menambah daya tarik wisatawan.

Apalagi tujuan promosi wisata tidak lain untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, ujar dia.

Dia mengatakan, sebenarnya wisatawan berkunjung ke daerah banyak manfaat yang dapat diambil diantarannya segi perekonomian, budaya termasuk lingkungan.

Jadi pengembangan budaya cukup penting dalam meningkatkan kunjungan wisatawan, ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, mengenai pembukaan jalur dan perjalanan serta reflika kapal Chengho ini sebagai daya tarik tersendiri bagi wisatawan terutama Tiongkok.

Jadi Sumsel akan semakin menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dengan adanya jalur dan reflika kapal Chengho itu, kata dia.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga mengatakan, Sumsel kaya akan budaya sehingga perlu dilestarikan dan dikembangkan.

Begitu juga dengan diresmikannya jalur dan kapal Chengho ini tidak lain untuk melestarikan dan mempromosikan budaya Sumsel, tambah dia. (U005)