PT Bukit Asam kembangkan PLTU di mulut tambang

id pltu, ptba, bukit asam, tambang batu bara, batu bara, energi, listrik

PT Bukit Asam kembangkan PLTU di mulut tambang

Direktur Utama PT Bukit Asam (PTBA) Arviyan Arifin (kanan) didampingi Sekretaris Perusahaan (kiri) Adib Ubaidillah dalam pertemuan dengan wartawan di Palembang, Jumat (22/7) (Foto Antarasumsel.com/Indra Goeltom/I016)

....PTBA dalam mengembangkan sumber energi akan terus berinovasi sehingga perusahaan ke depan benar-benar mampu memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan energi nasional....
Palembang, 22/7 (Antara) - PT Bukit Asam di Sumatera Selatan memproyeksikan akan terus mengembangkan pembangkit listrik tenaga uap di mulut-mulut tambang batu bara guna meningkatkan pasokan energi dalam negeri.

Direktur Utama PT Bukit Asam (PTBA) Arviyan Arifin di Palembang, Jumat mengatakan perusahaan kini tidak hanya fokus di bidang tambang batu bara tetapi juga mulai mengembangkan sumber-sumber energi yang menghasilkan listrik seperti pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di mulut tambang.

PTBA saat ini bekerja sama dengan PT PLN membangun beberapa PLTU di mulut tambang batu bara di wilayah Sumatera Selatan di antaranya PLTU mulut tambang batu bara Tanjung Enim dengan kapasitas terpasang 2 x 620 MW, katanya.

Ia menjelaskan kemampuan kapasitas terpasang PLTU mulut tambang di wilayah operasional PT Bukit Asam Sumatera Selatan bisa mencapai 5.000 MW sesuai program pengembangan energi nasional.

Hal ini juga didukung dengan produksi batu bara PTBA yaitu pada semester pertama tahun 2016 mencapai 10,5 juta ton atau meningkat 45 persen dibanding pada tahun 2015 sekitar sembilan juta ton.

Arviyan mengatakan pengembangan sumber energi listrik akan dilakukan bertahap karena harus menyesuaikan kemampuan pihak PT PLN untuk membangun jaringan transmisi.

Sebab sesuai aturan pembangunan jaringan transmisi listrik dan travo tetap di tangani PLN dan bukan pihak ketiga atau swasta atau investor.

"Oleh karena itu PTBA dalam mengembangkan sumber energi akan terus berinovasi sehingga perusahaan ke depan benar-benar mampu memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan energi nasional," ujar dia.

Sejalan dengan itu produksi batu bara PT BA kini dominan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan sebagian ekspor ke Jepang dan Taiwan meski harga di pasaran internasional mengalami kelesuan. (I016)