Jalan cor beton Baturaja amblas dan retak

id jalan, cor beton, jalan cor, ambas, retak

Jalan cor beton Baturaja amblas dan retak

Ilustrasi. (Foto Antarasumsel.com/Edy Parmansyah/14)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Badan jalan cor beton di Desa Tanjung Baru, Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, sebagian amblas dan retak akibat pengaruh musim hujan sekarang ini.

Sebagian badan jalan yang dicor dengan pengerasan semen amblas dan retak, sehingga pengguna jalan harus hati-hati saat melintasi jalan penghubung lintas di Kota Baturaja ini, kata Surya (30), warga setempat di Baturaja, Kamis.

Sementara, menurut warga sekitar lokasi, kerusakan badan jalan tersebut terjadi hampir sejak satu bulan belakangan, atau sebelum masuknya musim puasa tahun ini.

Dari keterangan warga, badan jalan yang amblas tersebut memang berada persis di pinggiran bibir jalan sangat curam, sehingga sangat rawan terkena longsor jika musim hujan.

"Ini akibat musim hujan yang terjadi sejak beberapa bulan ini. Meski tidak terlalu parah, namun jika kendaraan tidak hati-hati bisa masuk ke bawah atau terbalik," kata Surya menjelaskan.

Dikatakannya, sejauh ini jalan tersebut sudah sering dilakukan perbaikan. Awalnya jalan alternatif lintas kota itu hanya dilakukan pengerasan hotmik atau aspal.

Namun kondisi jalan yang curam dan turun menyebabkan badan jalan hancur dan nyaris terbelah, akhirnya dilakukan perbaikan oleh pemerintah setempat dengan peningkatan dan pengerasan sistem cor beton dan ditinggikan.

"Sekarang mungkin karena tanah di bagian pinggir jurang turun jadi jalan cor ini amblas kembali," paparnya.

Sementara, menurut warga lainnya, pinggiran bibir jalan yang rusak tersebut memang dalam dan curam, bahkan sempat melihat lokasi jurang tersebut dijadikan areal pembuangan sampah oleh pengemudi truk sampah.

"Mungkin maksudnya untuk menimbun dan mengeraskan pinggiran badan jalan, namun sayangnya tidak ada yang melarang sehingga jadinya sepertinya tempat pembuangan sampah saja," katanya.

Sementara pantauan di lapangan, kerusakan badan jalan telah diberi tanda oleh pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Ogan Komering Ulu dengan memasang marka jalan persis di atas badan jalan yang amblas agar para pengendara hendak melintas dapat berhati-hati.

Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten OKU, Helman saat hendak dikonfirmasi soal amblasnya badan jalan cor beton tersebut sedang tidak berada di kantornya.