Pendaftaran mahasiswa baru Politeknik Pariwisata Palembang diperpanjang

id politeknik pariwisata, poltek, pendaftaran, irene camelyn sinaga

Pendaftaran mahasiswa baru Politeknik Pariwisata Palembang diperpanjang

Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang memperpanjang pendaftaran calon mahasiswa hingga 29 Juli 2016 (Foto Antarasumsel.com/dok Poltekpar/16)

....Kami melihat animo masyarakat untuk mendaftar cukup banyak. Sayang bila kesempatan itu dibatasi hanya karena waktu....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Politeknik Pariwisata Palembang, Sumatera Selatan memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru dengan memperpanjang waktu pendaftaran hingga 29 Juli 2016.

Ketua seleksi mahasiswa baru Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang, Irene Camelyn Sinaga di Paelmbang, Kamis mengatakan perpanjangan waktu pendaftaran itu untuk mengakomodasi tingginya minat masyarakat kuliah di Poltekpar.

"Kami melihat animo masyarakat untuk mendaftar cukup banyak. Sayang bila kesempatan itu dibatasi hanya karena waktu, makanya kita perpanjang hingga 29 Juli 2016 agar mendapat kesempatan untuk mencoba," ujar Irene yang juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwsata (Disbudpar) Sumsel tersebut.

Ia mengatakan, kuota mahasiswa Poltekpar Palembang amat terbatas. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) hanya membuka kesempatan untuk 208 orang mahasiswa angkatan pertama tahun ajaran 2016-2017.

"Bagi yang ingin mendaftar langsung saja klik www.poltekpar-palembang.net dan isi biodata. Lalu registrasi dengan membayar uang pendaftaran Rp250 ribu ke bank yang sudah ditunjuk. Lalu unggah foto bukti pembayaran," katanya.

Setelah itu, kata dia, administrator akan memverifikasi dan mengirimkan kartu peserta ujian.

Ia menjelaskan, Poltekpar Palembang membuka empat program studi (Prodi) dua jurusan, yakni jurusan Hospitaliti dengan prodi Tata Hidang, Seni Kuliner dan Divisi Kamar. Sedangkan Jurusan Perjalanan membawahi prodi Pengelola Konvensi dan Acara.

Sementara, jurusan Hospitaliti menawarkan program Diploma III, sedangkan Jurusan Perjalanan dengan Diploma IV.

Irene menjelaskan, keempat prodi tersebut dipilih karena kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pariwisata dan para mahasiswa nantinya berkuliah di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) dengan pola "Boarding School" atau asrama di wisma atlet.

"Empat hal yang harus dilakukan untuk memajukan pariwisata, yakni destinasi, promosi, dan industri pariwisata itu sendiri, selanjutnya SDM. Pemerintah sedang memastikan keempat hal ini berjalan dan maju," katanya.

Sebagai informasi, Poltekpar Palembang merupakan lembaga pendidikan "plat merah" di bawah Kemenparekraf yang didukung Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung ditunjuk pemerintah pusat mengasistensi pembentukan nonfisik seperti materi pendidikan, akademik hingga tenaga pengajar.