Pemprov Sumsel berupaya selesaikan masalah tapal batas

id wakil gubernur sumsel, isha mekki, tapal batas

Pemprov Sumsel berupaya selesaikan masalah tapal batas

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus berupaya menyelesaikan masalah tapal batas termasuk persoalan lahan yang terjadi di daerah tersebut.

Permasalahan tersebut, karena umumnya bila daerah melakukan pengembangan atau pemekaran menjadi daerah otonomi baru maka sering terjadi masalah tapal batas, kata Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki pada acara Diklat batas wilayah dan penyuluh kesehatan di Palembang, Rabu.

Menurut Ishak Mekki, dalam otonomi daerah banyak wilayah yang ingin mengembangkan pembangunan di berbagai sektor.

Bahkan, kata dia, banyak wilayah di Sumsel yang ingin melakukan pemekaran menjadi daerah otonomi baru.

Dengan adanya pemekaran tersebut maka akan timbul permasalahan saat akan mengembangkan batas wilayah, seperti adanya konflik sengketa tanah warga, ataupun antar daerah itu sendiri.

Ini bisa disebabkan karena terkait masalah perizinan yang begitu rumit, ujar dia.

Jadi dengan memberikan pelatihan dan pendidikan yang diadakan Badan Pendidikan dan Latihan ini diharapkan hasilnya akan berdampak baik bagi para pegawai pemerintahan dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Yang jelas pemasalahan batas wilayah masih sering terjadi dan itu harus diatasi bersama, kata dia.

Untuk itulah pemerintah menyiapkan aparatur negara untuk dapat menyelesaikan konflik yang berkembang di masyarakat, katanya.

Selain itu, menurut Wagub, luasnya wilayah yang menjadi lahan komoditi para investor dibidang perkebunan kelapa sawit, karet dan sebagainya ini juga dapat memicu menimbulkan konflik antar perusahaan perkebunan dengan masyarakat atau konflik perusahaan antar perusahaan.

.Menurut dia, sehubungan itu aparatur sipil negara harus disiapkan dalam menyelesaikan permasalahan di setiap wilayah kabupaten masing-masing.

Selain itu, mempersiapkan apartur sipil negara dalam pembangunan dibidang kesehatan menjadi sangat penting, karena sejak kepemimpinan Gubernur Alex Noerdin bidang kesehatan menjadi salah satu program prioritas.

Petugas penyuluh kesehatan juga dipersiapkan untuk bisa memberikan penyuluhan dan pencerahan kesehatan kepada masyarakat di daerah masing-masing, kata dia.