Gubernur Sumsel minta kepala desa antisipasi kebakaran hutan

id gubernur sumsel, alex noerdin, pns, kepala desa sumsel, hut kabupaten banyuasin, kebakaran hutan

Gubernur Sumsel minta kepala desa antisipasi kebakaran hutan

Kebakaran hutan di Sumsel (Foto antarasumsel.com/Evan)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin meminta para kepala desa mengantisipasi titik api dan menanggulanginya agar tidak meluas menjadi kebakaran hutan dan lahan.

Sekarang sudah timbul titik panas, karena itu kebakaran harus dicegah para kepala desa, kata Gubernur saat menghadiri rapat paripurna DPRD Banyuasin serangkaian peringatan ulang tahun ke-14 kabupaten itu, Senin.

Ia mengingatkan, mamasuki musim kemarau titik api sudah mulai ada di beberapa daerah akibat masyarakat Sumsel yang membuka lahan pertanian dengan cara membakar.

Menurut dia, beberapa waktu lalu dirinya memantau melalui pesawat terbang dari Pagar Alam dan Empat Lawang dan sudah mulai ada titik api sehingga diminta seluruh kepala desa menjaga jangan sampai ada kebakaran hutan dan lahan di masing-masing desa.

Bagi kepala desa yang berhasil menjaga dan mencegah terjadinya pembakaran hutan dan lahan akan diberi penghargaan, begitu juga sebaliknya bila gagal, kepala desa akan diganti, ujar Gubernur.

Pemerintah Provinsi Sumsel terus berupaya mencegah kebakaran hutan dan lahan gar tidak terjadi seperti tahun sebelumnya.

Langkah antisipasipatif dilakukan antara lain dengan memantau titik panas dan melaksanakan operasi darat dan udara, ujar dia.

Dalam kesempatan itu gubernur juga memaparkan tentang pengembangan kawasan ekonomi khusus Tanjung Api-api dan menyampaikan kesiapan Sumsel sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Sumsel harus dikenal dan di Promosilkan pihaknya menjadi tuan rumah berbagai kegiatan berskala Internasional terus digelar, kata dia.

Sementara dalam Rapat Paripurna Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian mengatakan, berbagai kemajuan Banyuasin di antaranya selama 14 tahun pembangunan secara bertahap dan merata dilaksanakan di Kabupaten tersebut.

Sektor kehidupan mengalami peningkatan termasuk berbagai penghargaan sebagai bentuk pengakuan pihak luar didapatkan, tambah dia.(U005)