Bupati upayakan percepatan perluasan lahan sawah

id bupati oku, kuryana aziz, sawah, lahan, pertanian

Bupati upayakan percepatan perluasan lahan sawah

ILustrasi - Petani menanam bibit padi pada musim tanam di kompleks persawahan Plaju darat, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (16/6). (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15/Den)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Bupati Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Kuryana Azis menyatakan sedang berupaya untuk meningkatkan produksi padi melalui percepatan perluasan lahan sawah di daerah itu.

Tujuannya untuk meningkatkan ekonomi petani dan mendukung program Presiden dalam menciptakan ketahanan pangan nasional, kata Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Kuryana Azis di Baturaja, Senin.

Bupati menyatakan bersyukur karena program cetak sawah di Kabupaten OKU berjalan lancar dan secara bertahap akan dilanjutkan.

Dikatakannya, sejak 2013-2015 hingga saat ini melalui dana pusat dan Dana Alokasi Khusus (DAK), setidaknya sudah ada 600 hektare lahan sawah baru berhasil dicetak dan 2016 melalui DAK menambah lagi cetak sawah sebanyak 300 hektare.

"Memang masih sulit untuk Kabupaten OKU menjadi daerah swasembada beras karena lahan persawahan yang ada belum maksimal, namun kami terus mengupayakan untuk menciptakan pencetakan lahan sawah baru guna percepatan kearah swasembada beras," kata Kuryana.

Menurut dia, untuk percepatan program pencetakan lahan sawah baru, Pemkab OKU terus menunjang pembangunan fasilitas pendukung lainya, seperti peningkatan jalan poros setiap kecamatan termasuk lahan-lahan utama di areal pedesaan.

Bupati menambahkan, meskipun APBD OKU minim namun pihaknya akan terus berupaya melakukan terobosan melalui SKPD terkait seperti PU Bina Marga, PU Cipta Karya maupun dinas lain.