Bus AKAP cadangan disiapkan di terminal Palembang

id bus, bus akap, angkutan lebaran, lebaran , bus angkutan lebaran

Bus AKAP cadangan disiapkan di terminal Palembang

Ilustrasi - Bus AKAP siap layani angkutan Lebaran Idulfitri.(FOTO ANTARA)

...Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pada arus balik empat hari setelah Lebaran (H+4) ini, pihaknya menyiapkan extra bus mengantisipasi lonjakan penumpang...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pelayanan bus AntarKota AntarProvinsi pada arus balik Lebaran Idulfitri 1437 Hijriah/2016 di Terminal Tipe A Karya Jaya Kota Palembang, Sumatera Selatan berjalan lancar karena tersedia bus cadangan.

Sejumlah pengelola bus AntarKota AntarProvinsi (AKAP) di Palembang, Minggu, mengtakan, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pada arus balik empat hari setelah Lebaran (H+4) ini, pihaknya menyiapkan bus tambahan (extra bus) untuk mengantisipasi lonjakan pengguna jasa angkutan darat ini.

Menurut Chandra salah seorang pengelola bus AKAP Pahala Kencana mengatakan, untuk mengatasi lonjakan penumpang pada arus balik Lebaran Idulfitri pihaknya menyiapkan dua armada bus tambahan tujuan Palembang-Jakarta dan Palembang-Bandung.

Dengan adanya bus tambahan, diharapkan seluruh pengguna jasa angkutan darat ini dapat dilayani dengan baik pada arus balik Lebaran yang diperkirakan puncaknya pada Minggu ini dan Senin (11/7), katanya.

Dia menjelaskan, pengguna jasa angkutan bus pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini secara umum sedikit menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Penurunan pengguna jasa angkutan ini kemungkinan karena banyak masyarakat yang beralih menggunakan jasa angkutan udara dan menggunakan kendaraan pribadi, kata Chandra.

Sementara Petugas Terminal Karya Jaya Fauzi mengatakan, pelayanan kepada masyarakat pada musim mudik Lebaran di terminal ini berjalan lancar dengan tingkat pengisian (load factor) bus AKAP mencapai 75 persen lebih dari total tempat duduk 25 bus yang tersedia mencapai 1.000 orang.

Kondisi penumpang bus AKAP pada arus mudik dan balik Lebaran 2016 ini sedikit mengalami penurunan dibandingkan pada tahun sebelumnnya, hal ini kemungkinan dipengaruhi banyak masyarakat yang memanfaatkan mobil sewaan untuk mudik karena biaya sewanya relatif murah jika bepergian secara rombongan atau sekeluarga, dan menggunakan angkutan udara.

Sementara mengenai pemudik yang menggunakan bus AntarKota Dalam Provinsi (AKDP), secara umum penumpang yang bepergian dari Palembang ke beberapa daerah Sumsel lainnya relatif sepi yakni paling tinggi tingkat "load factornya" 50 persen dari total tempat duduk 60 bus yang tersedia mencapai 1.500 orang, ujar dia pula.