Harga tiket pesawat Palembang-Jakarta melonjak

id tiket pesawata, pesawat, bandara smb, bandara palembang, harga tiket pesawat melonjak, arus balik lebaran, lebaran idul fitri

Harga tiket pesawat Palembang-Jakarta melonjak

Ilustrasi - Pesawat siap melayani penumpang di Bandara SMB II Palembang. (Foto Antarasumsel.com/16/Yudi Abdullah)

...Sebagai gambaran harga tiket pesawat tujuan Palembang-Jakarta hari ini (H+4) hingga (H+5) pada Senin (11/7) paling rendah Rp967.000 per orang satu kali penerbangan...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Harga tiket pesawat dari Palembang ke sejumlah kota pada arus balik Lebaran Idulfitri 1437 Hijriah/2016 ini melonjak karena terjadi peningkatan permintaan pelayanan jasa angkutan udara itu dalam beberapa hari terakhir.

"Sebagai gambaran harga tiket pesawat tujuan Palembang-Jakarta hari ini (H+4) hingga (H+5) pada Senin (11/7) paling rendah Rp967.000 per orang satu kali penerbangan, padahal pada kondisi normal bisa dijual dengan harga sekitar Rp400.000," kata Malinda petugas penjualan tiket Yudhistira Wisata di Palembang, Minggu.

Dia menjelaskan, pada kondisi ramai atau puncak arus balik empat hari setelah Lebaran Idulfitri (H+4) hingga (H+5), tidak ada lagi maskapai penerbangan yang menawarkan harga tiket promo atau tarif bawah, semuanya menawarkan tiket dengan tarif atas secara maksimal dengan tarif berkisar Rp967.000 hingga 1.126.700 per orang.

Harga tiket mulai bergerak turun pada Selasa (12/7) atau enam hari setelah Lebaran (H+6) yakni paling rendah RpRp733.500 dan terus bergerak turun menuju tarif normal pada Rabu (13/7) yakni berkisar Rp590.000-Rp971.000 per orang satu kali penerbangan, katanya.

Menurut dia, berdasarkan data, permintaan tiket pesawat hari ini hingga dua hari ke depan cukup tinggi dan mulai berkurang pada Rabu (13/7) hingga seterusnya karena sebagian besar pemudik sudah pulang ke tempat asal untuk kembali melakukan berbagai aktivitas dan bekerja.

Maskapai penerbangan yang siap memberikan pelayanan terbaik pada arus mudik hingga balik Lebaran 2016 ini di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang di antaranya Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, Batik Air, dan Citilink.

Untuk memanfaatkan jasa angkutan udara tersebut masyarakat dapat memilih penerbangan sesuai dengan kebutuhan mulai pukul 05.45 WIB hingga 21.45 WIB, kata Malinda.

Sebelumnya General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Cabang Palembang Iskandar Hamid menjelaskan bahwa pihaknya berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pada arus mudik dan balik Lebaran Idulfitri melalui Bandar Udara SMB II.

Menghadapi lonjakan pengguna jasa angkutan udara pada musim mudik Lebaran ini, pihaknya berupaya meningkatkan pelayanan dengan mengoptimalkan petugas, fasilitas pendukung dan loket pelayanan "check-in".

Untuk mengoptimalkan pergerakan penumpang di bandara ini, pada musim mudik Lebaran ini mulai dioperasikan koridor pintu selatan yang sudah diperluas dengan menambah 10 loket pelayanan pelaporan keberangkatan dari 16 menjadi 26 unit loket "check-in".

Selain itu, pihaknya juga membuka posko pelayanan terpadu yang terintegrasi dengan seluruh maskapai penerbangan sejak 24 Juni hingga 17 Juli 2016 sebagai tempat informasi, pengamanan, pemantauan arus mudik serta melakukan "check in online" tanpa bagasi guna menghindari penumpukan penumpang di loket pelayanan bandara.

"Dengan optimalisasi itu dapat memperpendek antrean di loket pelaporan keberangkatan, memberikan rasa aman, nyamanan bagi pengguna jasa angkutan udara serta dapat meningkatkan keselamatan di kawasan bandara secara umum," ujar Iskandar.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Sumatera Selatan Nasrun Umar menjelaskan seluruh penyedia jasa angkutan mudik Lebaran Idulfitri baik darat, laut, maupun udara secara umum telah siap melayani masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik/pulang ke kampung halaman.

Khusus pelayanan jasa angkutan udara sekarang ini ada 10 maskapai penerbangan yang siap melayani pemudik Lebaran setiap harinya dari Kota Palembang ke sejumlah daerah di Pulau Sumatera dan Jawa.

Beberapa rute penerbangan langsung yang dapat dilayani melalui Bandara SMB II di antaranya Palembang-Jakarta, Palembang-Bandung, Palembang-Yogyakarta, Palembang-Surabaya, Palembang-Denpasar, Palembang-Batam, dan Palembang-Pangkalpinang, kata Nasrun.