Palembang siapkan kawasan pedestrian sambut Asian Games

id kota palembang, kepala bppd kota palembang, pejalan kaki

Palembang siapkan kawasan pedestrian sambut Asian Games

Gedung Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palembang (Foto Antarasumsel.com/M. Deden Baihaqi/15)

Palembang(ANTARA Sumsel) - Kota Palembang menyiapkan kawasan pejalan kaki (pedestrian) untuk menyambut perhelatan akbar Asian Games ke-18 tahun 2018.

Kepala Badan Perencana Pembanggunan Daerah Kota Palembang M Sapri Nungcik di Palembang, mengatakan Pemkot sudah mengajukan kebutuhan dana senilai Rp10 miliar ke pemerintah pusat untuk membangun kawasan pejalan kaki itu.

"Rencananya untuk tahap pertama akan kawasan pejalan kaki ini akan dimulai dari depan Pasar Cinde hingga simpang Masjid Agung," kata Sapri.

Ia mengemukakan jika proyek ini terealisasi pada tahun 2017 dengan dukungan dana APBD dan APBN maka akan dilanjutkan pembangunan kawasan pejalan kaki di tempat lain.

"Secara ideal harusnya jalan itu diutamakan untuk pejalan kaki, kemudian pengendara sepeda, baru motor dan mobil. Tapi seperti diketahui, sulit untuk mencapainya sehingga harus dilakukan bertahap karena pemerintah juga menghadapi keterbatasan dana," kata dia.

Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengingatkan Pemkot Palembang untuk memanfaatkan momen terpilihnya kota ini sebagai tuan rumah Asian Games untuk memperbaiki infrastruktur, sarana dan prasarana.

"Kota Palembang harus layak sebagai tuan rumah, untuk itu bukan hanya infrastruktur transfrotasinya yang dimodernkan, tapi juga kotanya harus dihijaukan dan dibersihkan. Ajukan saja ke pusat berapa kebutuhan, asal jelas dan bisa dipertanggungjawabkan pasti dibantu karena Palembang tuan rumah Asian Games," kata Alex.

Ia menilai jumlah taman kota masih sangat sedikit, demikian juga kawasan pejalan kaki.

"Kota ini harus dipercantik, taman-taman ditata, lampu-lampu hias dipasang, papan-papan reklame harus dirapikan lagi dan jangan lupa kawasan pejalan kakinya. Kota Palembang harus dibuat cantik dan tidak kalah dengan kota-kota internasional lain di dunia," ujar mantan Bupati Musi Banyuasin ini.

Kota Palembang fokus membangun infrastruktur untuk persiapan menjadi tuan rumah Asian Games, di antaranya Jembatan Musi IV dan Jembatan Musi VI, jalan layang, underpass, jalan tol dan kereta api ringan LRT.