Palembang percontohan kendaraan berteknologi hidrogen

id gubernur sumsel, alex noerdin, kendaraan hidrogen

Palembang percontohan kendaraan berteknologi hidrogen

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, Palembang direncanakan menjadi kota percontohan penggunaan kendaraan berteknologi hidrogen pada Asian Games 2018.

Palembang akan menjadi kota pertama menggunakan kendaraan berteknologi tanpa emisi, kata Gubernur usai menerima Presiden IMS Icubes Aleksander di Palembang, Kamis.

Menurut dia, Palembang akan menjadi kota pertama di Indonesia bahkan dunia sebagai penggunaan teknologi kendaraan hidrogen nol emisi ini.

Pada pesta olahraga internasional mendatang, kendaraan berteknologi hidrogen digunakan sebagai angkutan atlet di Jakabaring Sport City yang merupakan kawasan Green Sport City.

Hal itu sebagai tindak lanjut dari hasil kunjungan Gubernur kerja ke Denmark beberapa waktu lalu. "Saya sudah mencoba mobil berteknologi tercanggih dan ramah lingkungan tersebut," kata Alex.

Pemerintah Provinsi Sumsel bersama Universitas Sriwijaya akan mengembangkan teknologi ramah lingkungan ini untuk mendukung Asian Games 2018, kata dia.

Dia mengatakan, itu merupakan hal yang tepat bagi Sumsel karena hidrogen car merupakan teknologi masa depan sebagai hasil riset puluhan tahun lalu oleh para ahli.

Menurut dia, saat ini sudah aplikatif dan digunakan untuk mobil pabrikan serta beberapa negara sudah ada menggunakan teknologi ini seperti Jepang dan London, namun untuk kota Palembang pertama.

Kunjungan Presiden IMS Icubes Aleksander merupakan tindak lanjut dari pertemuan dengan Gubernur Alex Noerdin di Oslo Norwegia.

Kunjungan tersebut menghasilkan kerja sama untuk menjadikan Kota Palembang sebagai perintis penggunaan "blue technology" kendaraan hidrogen nol emisi, ujar dia.

Dia mengatakan, teknologi kendaraan hidrogen sebagai upaya Provinsi Sumsel untuk mendukung mitigasi perubahan iklim dalam kerangka Green Growth Development atau Green South Sumatera sesuai kesepakatan CoP21 Paris Desember 2015.

Sementara Presiden IMS Icubes mengatakan, teknologi ini merupakan yang sangat baik untuk efesiensi.

Palembang akan menjadi satu-satunya kota di dunia yang pertama menggunakan teknologi ini. (U005)