Dinkes minta klinik beli vaksin jalur resmi

id dinas kesehatan sumsel, vaksin, lesty nuraini

Dinkes minta klinik beli vaksin jalur resmi

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/16/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Kesehatan Sumatera Selatan minta kepada pihak klinik dan pengguna dalam membeli vaksin melalui jalur resmi supaya tidak dipalsukan.

Vaksin memang bisa dibeli tetapi harus melalui jalur resmi, kata Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuraini di Palembang, Kamis.

Memang, lanjut dia, bila vaksin habis atau pihak klinik dan apotek membutuhkan bisa membeli tetapi harus melalui jalur resmi.

Itu untuk menghindari agar tidak membeli vaksin palsu, ujar dia.

Sebenarnya pendistribusian vaksin harus melalui Kementerian Kesehatan selanjutnya pihak provinsi mendistribusikan ke sejumlah kabupaten dan kota, sehingga kecil kemungkinan palsu karena produk dan distribusi selalu diawasi, katanya.

Menurut dia, vaksin dipalsukan itu kemungkinan yang ditawarkan secara pribadi atau distributor tidak resmi dengan harga lebih murah kepada klinik termasuk apotek.

Sementara Kabid Jaminan Sarana Kesehatan Dinkes Sumsel, Rizal mengatakan, memang pendistribusian vaksin diawasi secara ketat pihak terkait.

Selain itu juga setiap yang mendapatkan pendistribusian vaksin adalah rumah sakit dan klinik terdaftar, sehingga pengawasannya mudah dilaksanakan.

Sebelumnya Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengatakan, tim kesehatan harus memantau peredaran vaksin di daerah ini dan bila ada yang palsu harus ditindak.

Namun untuk Sumsel hingga saat ini dinilai aman-aman saja dan belum ada laporan beredar vaksin palsu, tambah dia. (U005)