Dinkes Musi Banyuasin periksa stok vaksin

id dinkes musibanyuasin, dinkes muba, vaksin, vaksin palsu

Dinkes Musi Banyuasin periksa stok vaksin

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Herry Hermawan)

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Dinas Kesehatan Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, memeriksa stok vaksin di rumah sakit, puskesmas, klinik, dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya untuk memastikan tidak ada produk palsu.

Pemeriksaan itu dilakukan karena di beberapa kota Pulau Jawa pemalsuan vaksin terbongkar dan polisi telah menangkap beberapa produsennya, kata Kepala Dinas Kesehatan Musi Banyuasin dr Taufik Rusydi, di Sekayu, Rabu.

Dengan tindakan antispatif berupa pemeriksaan stok, diharapkan Kabupaten Musi Banyuasin terhindar vaksin palsu dan dipastikan semua vaksin di seluruhh fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat merupakan produk asli yang kandungannya khasiat sesuai dengan ketentuan medis.

Selain itu, ia mengharapkan, tidak ada anak-anak yang mendapatkan vaksin palsu, sehingga kesehatan masyarakat terutama generasi muda penerus bangsa secara umum dapat lebih terjamin.

Sementara sebelumnya Ketua Yayasan Lembaga Konsumsen (YLK) Sumatera Selatan Hibzon Firdaus menjelaskan bahwa peredaran vaksin palsu yang telah berlangsung belasan tahun itu sangat merugikan masyarakat/konsumen pengguna produk.

Untuk mencegah semakin luasnya peredaran vaksin palsu dan menimbulkan korban yang lebih banyak, pihaknya meminta aparat kepolisian membongkar habis jaringan pembuat dan pengedar vaksin palsu serta menindak tegas para pelakunya.

"Vaksin digunakan masyarakat untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit tertentu. Jika vaksin palsu yang digunakan bisa berbahaya bagi kesehatan dan orang yang bersangkutan rentan terserang penyakit," ujar Hibzon.