Baznas Sumsel bantu santri pondok pesantren

id baznas sumsel, baznas, santri pondok pesantren

Baznas Sumsel bantu santri pondok pesantren

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Badan Amil Zakat Nasional Sumatera Selatan pada 2016 ini kembali menyiapkan puluhan beasiswa untuk para santri pondok pesantren yang berasal dari keluarga kurang mampu.

"Untuk memberikan beasiswa tersebut menghadapi tahun ajaran baru 2016/2017, sekarang ini sedang dilakukan penyeleksian santri terbaik dari pondok pesantren yang ada di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi ini," kata Ketua Pelaksana Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumatera Selatan Robinson Malian, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, setiap kabupaten dan kota di provinsi ini akan diberikan kuota beasiswa untuk dua orang santri yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTs) serta dididik menjadi santri penghapal Alquran.

Untuk mendapatkan santri yang layak dibantu biaya pendidikannya, pihaknya bekerja sama dengan pengurus pondok pesantren yang ada di provinsi ini untuk melakukan pendataan dan penyeleksian.

"Program ini sudah berjalan sejak 2011, untuk tahun ini kami lanjutkan dengan mendata dan menyeleksi santri yang layak diberikan beasiswa dalam bentuk kebutuhan hidup dan biaya pendidikan," ujarnya.

Dia menjelaskan, program bantuan beasiswa tersebut merupakan salah satu upaya pendayagunaan dana zakat yang telah dihimpun oleh Baznas.

Syarat utama untuk mendapatkan beasiswa itu adalah santri yang berasal dari keluarga kurang mampu, anak yatim atau yatim piatu.

"Melalui program tersebut diharapkan anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu dapat merasakan manfaat dana zakat yang dihimpun Baznas dari masyarakat dalam bentuk santunan pendidikan keagamaan," kata Malian.