Jalan provinsi jadi alternatif jalur mudik lebaran

id jalan, jalan provinsi, mudik lebaran

Jalan provinsi jadi alternatif jalur mudik lebaran

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Jalan provinsi Sumatera Selatan disiapkan sebagai jalur alternatif mudik Lebaran terutama untuk menghindari kemacetan yang rutin terjadi.

"Ada beberapa jalan yang menjadi tanggung jawab provinsi bisa dijadikan jalur alternatif saat mudik lebaran nanti," kata Kepala Dinas PU Bina Marga Sumsel Syamsul Bahri di Palembang, Rabu.

Jalan yang menjadi alternatif untuk menghindari keramaian kendaraan itu antara lain Jakabaring Palembang melalui Simpang Pulau Padang langsung menuju kayu Agung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumsel.

Selama ini untuk mudik lebaran kendaraan melalui Indralaya, Ogan Ilir langsung ke Kayu Agung yang sering macet dan jalur altenatif itu dapat digunakan dan jalannya juga cukup bagus.

Menurut Syamsul, jalan alternatif lain yakni Muara Siban, Kabupaten Lahat menuju Embacang, Kota Pagaralam yang jalannya aman untuk dilalui.

Selama ini kendaraan untuk menuju kota Pagaralam dari Muara Siban langsung menuju Pagaralam melalui jembatan Endikat yang berkelok-kelok.

Dia mengatakan, selanjutnya jalan alternatif dari Kabupaten Ogan Kemering Ulu Timur, Sumsel seperti melewati Kurungan Nyawa untuk menuju Lampung.

Jalan tersebut dapat digunakan untuk mudik Lebaran nanti dan kondisi jalur tersebut nyaman dilalui.

Saat ini ada beberapa titik jalan mengalami kerusakan baik berat maupun ringan.

Jalan tersebut perbaikannya terus dikebut dan bila belum selesai pengerjaannya akan dilanjutkan sesudah lebaran.

"Namun walaupun mengalami kerusakan fasilitas untuk angkutan massal tersebut tetap bisa dilalui tetapi harus berhati-hati," tambah dia.