Pertamina siaga stok BBM hadapi lebaran

id pertamina, gm pertamina ru iii, mahendra sudibja, bbm, bahan bakar minyak, spbu, stok bbm sumsel

Pertamina siaga stok BBM hadapi lebaran

Mobil tangki BBM (Foto Antarasumsel.com/Evan/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pertamina Refinery Unit III siaga stok bahan bakar minyak untuk memastikan kebutuhan Marketing Operation Region II terpenuhi dalam menghadapi Lebaran tahun 2016.

"Kita siaga memastikan bahwa kebutuhan Marketing Operation Region (MOR) terpenuhi dan kita mempunyai stok bahan bakar minyak yang mencukupi," kata General Manager Pertamina RU III, Mahendra Sudibja saat ditanya stok BBM dalam menghadapi lebaran di Palembang, Selasa.

Menurut dia, pihaknya siaga stok dan menjaga stok dari MOR terpenuhi sesuai dengan permintaan terhadap bahan bakar minyak tersebut.

"Kita menyiapkan, mengolah pada kapasitas yang optimal sekitar 87 ribu barel perhari dan memproduksi avtur, premium, pertamax, kemudian solar dan intinya adalah bahan bakar diperlukan untuk lebaran," katanya.

Menurut dia, dengan kapasitas 87 ribu barel per hari ini maka pasokan aman sampai menjelang dan sampai selesai lebaran nanti.

Ia menyatakan, kalau pihaknya memang mengacu pada permintaan daripada MOR, karena memang yang melakukan pemasaran adalah MOR.

"Kebutuhan dari masyarakat akan dipenuhi terutama dari stok yang ada di MOR, perkapalan dan stok di Pertamina RU III, karena yang melayani masyarakat adalah MOR makanya permintaan kita penuhi," ujarnya.

Sementara, sebanyak 87 ribu barel per hari itu merupakan kapasitas produksi per hari dan itu paling optimalnya dengan mempertimbangkan dari berbagai aspek permintaan dan aspek pemenuhan kebutuhan masyarakat, ujarnya.

Sebetulnya kenaikan dapat dikatakan pihaknya mengacu pada stok dan kondisi normal sejumlah itu juga, tuturnya.

Sementara untuk avtur, ia menyampaikan, kalau melihat trend kenaikan pihaknya masih optimistis bisa dipenuhi dan mempunyai stok sampai 20 hari kebutuhan normalnya.

Misalnya ada kenaikan sampai 10 persen masih bisa tercover dengan stoknya sampai 20 hari itu, katanya.