PHRI Sumsel siapkan ribuan CCTV lindungi wisatawan

id cctv, phri sumsel, ketua phri sumsel, herlan aspiudin, wisatawan, wisata, hotel

PHRI Sumsel siapkan ribuan CCTV lindungi wisatawan

Ilustrasi - Petugas memasang cctv (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan berupaya menyiapkan ribuan kamera pemantau atau CCTV di sekitar jalan lokasi gedung usaha untuk melindungi dan mengamankan wisatawan berkunjung ke daerah ini.

"144 pengelola hotel dan 400 pengelola restoran sepakat akan memasang minimal dua unit CCTV untuk memantau jalan protokol dan aktivitas masyarakat di sekitar kawasan hotel dan restoran," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan Herlan Aspiudin, di Palembang, Selasa.

Menurut dia, pemasangan kamera pemantau tersebut sangat penting karena jika terjadi tindak kejahatan atau gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di sekitar hotel dapat diketahui dengan cepat dan terdokumentasi karena hasil pemantauan selama 24 jam dapat terekam atau tersimpan di dalam perangkat CCTV.

Dengan mengetahui suasana di sekitar hotel dan restoran, dapat digunakan untuk melindungi wisatawan serta mendukung aparat kepolisian mengungkap kasus jika terjadi tindak kejahatan yang menimpa wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke daerah ini.

Pemasangan CCTV itu sekarang ini sudah dilakukan, diharapkan sebelum pelaksanaan Asian Games 2018 seluruh hotel dan restoran sudah memasang kamera pemantau jalan sekitar hotel, katanya.

Dia menjelaskan, secara umum kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di Kota Palembang serta 16 kabupaten/kota Sumsel lainnya cukup kondusif dan layak untuk dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara yang akan menikmati wisata alam, budaya, dan sejarah.

Dengan peningkatan pengamanan itu diharapkan wisatawan yang berkunjung ke daerah ini dapat lebih nyaman dalam menikmati perjalanannya dan bisa membawa kesan positif ketika kembali ke daerah atau negara asalnya.

Melalui upaya tersebut diharapkan dapat mendukung upaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan terutama wisatawan mancanegara yang selama ini setiap bulannya berkisar 800 hingga 1.500 orang dengan jumlah wisatawan terbanyak dari Malaysia, Singapura, dan Jepang, ujar Herlan.