Jalan Lintas Timur Sumsel siap dilalui pemudik

id bbpjn wilayah iii, jalan, arus mudik, mudik lebaran

Jalan Lintas Timur Sumsel siap dilalui pemudik

Ilustrasi - Sejumlah kendaraan berjalan menembus kabut asap di kawasan perempatan 'under pass' Simpang Patal, Palembang, Sumsel. (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Jalan lintas timur di wilayah Sumatera Selatan siap dilalui arus mudik lebaran 2016 karena kerusakan yang terjadi selama ini sudah selesai diperbaiki.

Pantauan di lapangan, Senin, ruas jalan lintas timur dari Palembang menuju Desa Meranjat Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan hingga perbatasan provinsi Lampung jalur tersebut sudah mulus dan tidak ada lubang.

Kepala Satuan Kerja Wilayah I, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional, Heru Setiawan mengatakan, memang selama ini jalur tersebut ada beberapa titik yang mengalami kerusakan dan sekarang sudah dibenahi.

Jalur tersebut memang selama ini banyak lobang, tetapi bedasarkan target harus rampung dibenahi sebelum hari lebaran, ujar dia.

Begitu juga Palembang menuju Jambi yang termasuk jalan lintas timur sudah aman dilalui kendaraan akan mudik dan balik lebaran nanti, kata dia.

Menurut dia, secara umum perbaikan jalan negara terutama jalur lintas timur sudah mencapai 87 persen karena ada beberapa titik masih dalam perbaikan.

Namun, pihaknya mengutamakan jalan yang dilalui pemudik lebaran dulu karena akan semakin padat menjelang lebaran nanti.

Pihaknya menargetkan semua jalan dalam wilayah Sumsel harus rampung diperbaiki sebelum lebaran, katanya.

Dalam kesempatan itu dia mengatakan, memang untuk jalur mudik yang diperlu diwaspadai daerah rawan longsor dan kemacetan terutama di daerah pasar di pinggir jalan.

Itu yang harus diwaspadai karena rawan macet sehingga pengemudi harus berhati-hati ketika melintas di sana, kata dia.

Dalam mengantisipasi permasalahan tersebut pihaknya telah menyiagakan alat berat sehingga bila terjadi hal tidak diinginkan cepat diantisipasi, kata dia.

Selain itu pihaknya mendirikan tujuh posko dalam mengantisipasi kemacetan dari perbatasan Jambi menuju Lampung yang kesemuanya dilengkapi alat berat dan petugas untuk melancarkan arus mudik lebaran tahun ini," katanya.(U005)