Dishub: pengendara mudik waspadai jembatan Kebur Lahat

id jembatan, perbaikan jembatan, jembatan kebur lahat, dinas perhubungan lahat

Dishub: pengendara mudik waspadai jembatan Kebur Lahat

Sejumlah pekerja sedang memperbaiki yang rusak berat jembatan Kebur Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, Kamis (23/6) (Foto Antarasumsel.com/Banu Sungkowo/16/den)

Lahat, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Dinas Perhubungan Kabupaten Lahat mengingkatkan para pengemudi kendaraan yang melakukan perjalanan mudik lebaran, supaya mewaspadai ketika melintas di jembatan Kebur Kecamatan Merapi Barat, karena fasilitas umum itu rusak sekarang sedang dilakukan perbaikan.

Jembatan penghubung jalur lintas milik negara itu mengalami kerusakan akibat sering dilalui kendaraan bertonase melebihi ketentuan, dan sekarang sedang dilakukan perbaikan, kata Kasi Bimbingan Keselamatan Dinas Perhubungan Pemerintah Kabupaten Lahat, Sudarman, Kamis.

Ia menjelaskan, dari pantauan di lapangan sedikitnya ada empat titik ruas jalan negara penghubung ke Kabupaten Lahat mengalami kerusakan akibat longsor, termasuk kerusakan permukaan jembatan Kebur, sehingga aktivitas lalu lintas kendaraan harus menggunakan jalur satu dengan sistem buka tutup bergantian.

Rusaknya jembatan Kebur ini, akibat pengendaran khususnya truk angkutan beban muatan melebihi kapasitas yang dipaksakan melintas.

Dishub Lahat turun membantu mengatur jalur lintas kendaraan di kawasan jembatan yang sedang diperbaiki itu dengan menurunkan tim yang dibagi menjadi tiga regu, serta didukung oleh Polres setempat, katanya.

Sementara, mengenai lalu lintas kendaraan yang sangat padat dan menimbulkan macet di kawasan tersebut yakni pada jam 8-9.30 Wib, karena masih banyak mobil angkutan batu bara melintas.

Ia mengimbau, para pengendara arus mudik harus ekstra hati-hati, karena bukan hanya titik jembatan Kebur yang rusak, tetapi di jalur itu ada tiga titik longsor harus menjadi perhatian.

Oleh karena itu, untuk mobil tonase berat di atas 10 ton tidak boleh melintasi jembatan Kebur, karena jembatan tersebut tengah diperbaiki, katanya.

Konsultan pelaksana proyek perbaikan jembatan Kebur, Abu menambahkan bahwa target minggu depan jembatan itu mulai dilakukan pengecoran pada bagian kiri ruas jembatan, dan untuk sisi bagian kanan akan diperbaiki usai lebaran.

Demikian pula pengawas dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah III Sumsel, Budi Sumanto menambahkan bahwa bagian sebelah kanan ruas jembatan Kebur yang dilalui saat ini masih menggunakan jembatan darurat.

Ia menargetkan, perbaikan kerusakan jembatan ini bisa selesai minggu ini dan difungsikan bagian sebelah kanan, untuk bagian kiri masih menunggu minggu depan.