Chile tantang Argentina di final setelah kalahkan Kolombia 2-0

id chile, timnas chile, timnas argentina, argentina, semifinal copa america, Copa America Centenario

Chile tantang Argentina di final setelah kalahkan Kolombia 2-0

Pemain Chile Eduardo Vargas (kanan) merayakan gol (REUTERS / Ivan Alvarado)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Tim Nasional Chile berhasil lolos ke final Copa America Centenario setelah mengalahkan Kolombia 2-0 di Soldier Field, Chicago, Rabu waktu setempat atau Kamis WIB.

Chile akan menghadapi Argetina pada partai final yang akan digelar pada Minggu (26/6) waktu setempat atau Senin pagi waktu Indonesia barat. Kedua negara kembali bertemu setelah berlaga pada final Copa America 2015.

Pertandingan semifinal Chile melawan Kolombia sempat tertunda sekitar 2,5 jam akibat badai saat babak kedua akan digelar.

Dalam laga yang digelar mulai pukul 07.00 WIB itu, Chile membuka keunggulan pada menit ke-7 lewat gol Charles Aranguiz setelah memanfaatkan kesalahan pemain Kolombia Cuadrado yang mengumpan bola dari depan mulut gawang.

Empat menit kemudian Jose Fuenzalida menggandakan keunggulan Chile dengan memaksimalkan bola muntahan hasil sepakan Alexis Sanchez yang membentur tiang gawang. Fuezalinda sukses melesakkan bola ke dalam gawang yang telah kosong.

Beranjak ke babak kedua, Kolombia harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-57 setelah Carlos Sanchez diganjar kartu kuning kedua akibat pelanggaran keras.

Kiper David Ospina melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-67 saat menepis sundulan keras Eduardo Vargas yang mengarah ke tiang jauh.

Kolombia nyaris memperkecil ketertinggalan pada menit ke-71 saat melesakkan tendangan keras setelah berduel dengan Fransisco Sisca, namun kiper Claudio Bravo masih sigap mengamankan gawangnya.

Hingga pertandingan berakhir, tak ada gol tambahan tercipta. 2-0 untuk kemenangan Chile.

Susunan pemain:

Kolombia: (4-2-3-1) David Ospina, Cristian Zapata, Santiago Arias, Frank Fabra (Sebastian Perez), Edwin Cardona (Marlos Moreno), James Rodriguez, Juan Cuadrado (Carlos Bacca), Daniel Torres, Sanchez, Jeison Murillo, Roger Martinez.

Chile: (4-3-3) Claudio Bravo, Gonzalo Jara, Jean Beausejour, Edu Vargas (Mark Gonzalez), Mauricio Isla, Francisco Silva, Jose Fuenzalida (Edson Puch), Gary Medel, Charles Aranguiz, Alexis Sanchez, Pablo Hernandez (Erick Pulgar).