Musirawas siapkan pengganti pejabat pindah ke Bengkulu

id pemkab musirawas, musirawas, pejabat musirawas

Musirawas siapkan pengganti pejabat pindah ke Bengkulu

Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan (Antarasumsel.com/Logo/Aw)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, telah menyediakan pengganti beberapa pejabat yang segera pindah ke Provinsi Bengkulu dan daerah lainnya untuk mengembangkan karir.

Bupati Musirawas Hendra Gunawan, Kamis mengatakan bulan depan ada beberapa pejabat yang akan pindah ke provinsi dan kabupaten/kota tetangga setelah sebelumnya sudah ada yang lebih duluan.

Ia menjelaskan pada gelombang kedua ini pejabat teras di Pemkab Musirawas yang akan pindah ke Provinsi Bengkulu antara lain Asisten I Setwilda, Kabag Tapem dan Plt Kabag Hukum serta beberapa pegawai eselon III dan IV.

Jabatan yang kosong itu akan disi oleh pejabat pelaksana tugas seperti Asisten I yang ditinggalkan Ali Sadikin dan Kabag Tapem akan dirangkap oleh EC Priskodesi yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kehutanan Musirawas.

Selanjutnya Plt Kabag Hukum akan dijabat oleh Supriyadi yang sebelumnya Kabag Ketahanan Pangan dan Kabag Tapem dari Reihal Ikmal akan digantikan Hardiman yang sebelumnya Kasi Tata Wilayah Tapem.

Hijrahnya sejumlah pejabat dilingkungan Setda Musirawas itu merupakan kepercayaan yang diberikan kepada pihaknya karena sumber daya manusia (SDM) Kabupaten Musirawas meski menjadi daerah tertinggal tetapi handal dan dibutuhkan untuk membangun didaerah lainnya.

"Pemkab Musirawas tidak menghambat para pegawai untuk mengembangkan diri dan karier di wilayah lain, kita bangga SDM Musirawas memang dibutuhkan untuk mengembangkan dan membangun daerah lain,"ujarnya.

Dengan hijrahnya sejumlah pejabat itu tidak menghambat roda pemerintahan di lingkugan Setda Musirawas, karena SDM yang ada sudah banyak handal sehingga mereka berhak menempati posisi yang kosong tersebut.

Bagi Pejabat pelaksana tugas (Plt) yang ada sekrang tidak menutup kemungkinan untuk menjadi definitif, karena akan dilakukan penilaian selama ia mengemban tugas baru tersebut.

"SDM yang akan menduduki jabatan stategis di Musirawas cukup banyak, selama ini mereka belum mendapat kesempatan, sekarang saatnya menjadi regenerasi baru untuk membangun Musirawas lebih maju kedepan," ujarnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Musirawas Isbandi Arsyad menjelaskan Plt kewenangan sama dengan pejabat definitif, karena tugas yang diemban juga sama dengan jabatan sebelumnya.

"Kita tidak menutup kemungkinan akan ada yang hijrah lagi, namun kendati begitu roda Pemerintah di Musirawas akan tetap berjalan normal,"tuturnya.

Menurut dia setiap orang berhak memangku amanah yang ada, tinggal bagaiman para pegawai tersebut menunjukan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki, bagaimana bisa bekerja jika tidak ada kompentensi, pihaknya tetap melaksanakan pengawasan terhadap kinerja para Plt tersebut.

"Kita harapkan Plt yang ada dapat bekerja secara maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk mewujudkan Visi Misi bupati dan wakil bupati lima tahun kedepan," katanya.