Bulog serap 65 ribu ton beras petani

id bulog sumsel, kepala bulog sumsel, mansur siri, beras, petani, bulog, beras bulog

Bulog serap 65 ribu ton beras petani

Ilustrasi (ANTARA FOTO)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Perum Bulog Divisi Regional Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, hingga Juni 2016 ini sudah menyerap 65 ribu ton beras petani.

Pihaknya siap membeli beras petani tahun ini terutama dalam meningkatkan ketahanan pangan, kata Kepala Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, Mansur Siri usai menghadap Gubernur Sumsel, Alex Noerdin di Palembang, Rabu.

Ia mengatakan, tahun ini target pengadaan 120 ribu ton dan telah terealasi setengahnya, artinya optimistis akan tercapai, karena masa panen masih berlanjut di kabupaten dan kota di Sumsel.

Sementara, penyerapan beras paling besar di Sumatera Selatan masih didominasi Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Komering Ilir, Banyuasin, Musi Banyuasin dan Musi Rawas.

Bahkan, daerah lain juga terus menambah jumlah produksi beras untuk Sumsel, sehingga target pengadaan akan tercapai.

Memang, sebagian daerah ada yang panennya kurang akibat faktor adanya banjir dan lainnya, namun itu tidak berpengaruh dan target tersebut akan tercapai, katanya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumsel, Erwin Noor Wibowo mengatakan, memang lahan pasang surut ada yang hasil panennya kurang dari tahun sebelumnya.

Namun pihaknya mengoptimalkan tanaman padi tersebut dengan menggunakan bibit unggul, tambah dia.