Pemkab Musi Banyuasin lengkapi fasilitas sekolah filial

id sekolah filial, kelas jarak jauh, lengkapi fasilitas belajar mengajar, belajar

Pemkab Musi Banyuasin lengkapi fasilitas sekolah filial

Ilustrasi. (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/Aw)

...Fasilitas pendukung perlu dilengkapi agar sekolah filial layak menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar dan kualitasnya standar sebagaimana sekolah pada umumnya...
Musi Banyuasin (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan berupaya melengkapi fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah kelas jauh yang berada di lokasi sulit dijangkau atau sekolah filial.

Fasilitas pendukung perlu dilengkapi agar sekolah filial layak menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar dan kualitasnya standar sebagaimana sekolah pada umumnya, kata Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi di Sekayu, Rabu.

Menurut dia, untuk menambah fasilitas pendukung dan meningkatkan kualitas sekolah filial itu, pihaknya secara bertahap mengalokasikan dana bantuan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Sekolah filial merupakan sebutan untuk sekolah kelas jauh yang berada di lokasi yang sulit dijangkau seperti di kawasan hutan yang umumnya dibangun atas inisiatif dan swadaya masyarakat dengan menginduk ke sekolah-sekolah negeri terdekat dalam proses belajar mengajarnya.

Selain meningkatkan kualitas sekolah filial, pihaknya berupaya membantu merelokasi sekolah kelas jauh itu terutama yang berada di kawasan hutan lindung sehingga tidak menimbulkan masalah dan mengancam kelestarian hutan, katanya.

Dia menjelaskan, sekolah filial yang eksis melakukan kegiatan belajar mengajar di Bumi Serasan Sekate ini berjumlah 15 unit.

Melalui berbagai upaya yang bertujuan untuk menambah fasilitas dan meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut diharapkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Musi Banyuasin ini dapat meningkat dan memiliki daya saing yang tinggi, kata Beni.