Belanja berlebihan saat Ramadan akan memacu inflasi

id belanja, sembako, bahan pokok, pedagang, pasar, tpid sumsel, tim pengendali inflasi daerah, mukti sulaiman

Belanja berlebihan saat Ramadan akan memacu inflasi

Ilustrasi - Sejumlah ibu-ibu membeli sembako di pasar rakyat yang di gelar di Lapangan Jalan Radial Palembang, Jumat (29/3) (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

....Belanja berlebihan akan memacu inflasi....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Tim Pengendali Inflasi Daerah Sumatera Selatan (Sumsel) meminta masyarakat tidak berlebihan dalam berbelanja saat bulan puasa dan lebaran.

"Belanja berlebihan akan memacu inflasi," kata Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sumsel H Mukti Sulaiman di Palembang, Senin.

Ia menyebutkan pasokan seluruh bahan kebutuhan pokok di Sumsel dipastikan mencukupi kebutuhan sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Memang, lanjut dia, momentum Ramadan dan Idul Fitri sering kali berdampak pada kenaikan harga bahan pokok dan menipisnya ketersediaan pasokan.

 Dia mengatakan hal tersebut membuat masyarakat khawatir, namun hal itu sudah diantisipasi pemerintah setempat dengan penyediaan bahan pokok yang cukup.

Menurut dia, persediaan kebutuhan pokok seperti daging ayam, telur ayam, cabai dan bahan pokok lainnya lebih dari mencukupi.

Bahkan, lanjut dia, untuk persediaan gula pasir, PTPN VII akan segera memasarkan 500 ton gula.
Sehubungan dengan itu, ia meminta masyarakat tidak mengkhawatirkan masalah ketersediaan bahan pokok sehingga belanja sesuai kebutuhan saja.

"Jangan diborong-borong karena persediaan aman, tidak dan akan kekurangan,"katanya.

Sementara dalam pengendalian inflasi di Sumsel, menurut dia, perlu diadakannya pasar murah sehingga lebih efektif mempengaruhi harga pasar.

Namun, kesemuanya memerlukan partisipasi aparat keamanan dan bekerja sama dengan Perusahaan Daerah (PD) Pasar Palembang Jaya.

Sementara itu untuk juga dilakukan pertemuan dengan distributor besar kebutuhan pokok terutama daging, bawang dan gula untuk menjamin ketersediaan stok dan harga dalam pengendalian inflasi.

"Untuk pasar murah sudah dilakukan di berbagai titik di Kota Palembang di antaranya di halaman Kantor Gubernur Sumsel," ujar Mukti yang juga Sekda Provinsi Sumsel itu. (U005)